Telaah Metode Joyful Learning Dalam Buku Teach Like Finland Dan Impelementasinya Dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar

Ahyaul, Wahidah (2022) Telaah Metode Joyful Learning Dalam Buku Teach Like Finland Dan Impelementasinya Dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
BAB 1, PENUTUP DAKPUS.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Ahyaul W_1817402002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan Pendidikan Indonesia yaitu masih kurang antusiasnya pserta didik dalam mengikuti pembelajaran, fokus perhatian belajar kurang terarah, komunikasi antara guru dengan siswa kurang terjalin, interaksi antara peserta didik hampir tidak ada, komunikasi hanya terjadi satu arah. Maka dari itu inovasi metode pembelajaran khususnya pada PAI. Yaitu dengan berkaca pada Pendidikan di Finlandia. Finlandia tercatat sebagai negara dengan sistem dan reputasi pendidikan terbaik di dunia menurut PISA (Programme for International Student Assessment). Dari hasil PISA yang ada, Finlandia menjadi salah satu rujukan dunia dalam menakar kualitas Pendidikan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode pembelajaran joyful learning yang ada di buku Teach Like Finland dan Impelementasinya dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode library reseacrh atau penelitian kepustakaan dengan objek penelitiannya yaitu telaah metode joyful learning dalam buku teach like Finland dan Impelementasinya terhadap pembelajaran PAI di sekolah Dasar. Sumber data utama yaitu buku Teach Like Finland karya Timothy D. Walker. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Hasil telaah metode Joyful Learning pada buku Teach Like Finland antara lain galeri berjalan aktif, pembelajaran berbasis lingkungan, ancor charts, mindfulness, bingo manusia, obrolan buku, pertanyaan segar, TMT, dan jadikan nyata. Selain itu, metode tersebut dapat menjadi referensi dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar dengan memperhatikan aspek perkembangan peserta didik sebagai acuan dalam menerapkan metode joyful learning yang tepat pada anak sekolah dasar, serta mengkaji faktor seperti tujuan pembelajaran sebagai landasan penerapan metode joyful learning pada pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Joyful Learning, Teach Like Finland, PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahyaul Wahidah
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:13
Last Modified: 29 Jul 2022 01:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15087

Actions (login required)

View Item View Item