Implikasi Branding Sekolah Adiwiyata Terhadap Daya Saing SMP N 1 Wonotunggal Batang

Adila, Sarah Qonita (2022) Implikasi Branding Sekolah Adiwiyata Terhadap Daya Saing SMP N 1 Wonotunggal Batang. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Adila Sarah Qonita_Implikasi Branding Sekolah Adiwiyata Terhadap Daya Saing SMP N 1 Wonotunggal Batang.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program adiwiyata merupakan rencana mengembangkan kesadaran warga sekolah tentang lingkungan hidup. Program sekolah dapat menjadi alat persaingan/program unggulan untuk daya tarik sekolah. Program adiwiyata tak lepas dari perencanaan dan pelaksanaan, kemudian dapat diketahui implikasi yang diperoleh dari dilaksanakannya program. Penelitian ini bertujuan mengetahui implikasi branding sekolah adiwiyata terhadap daya saing SMP N 1 Wonotunggal. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi yang bertujuan untuk menelaah dan mendeskripsikan fenomena. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obervasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek penelitiannya Kepala Sekolah dan Sekretaris Program Adiwiyata SMP N 1 Wonotunggal. Hasil penelitian ini bahwa program adiwiyata dilaksanakan dengan perencanaan yang memperhatikan potensi dan masalah yang dimiliki sekolah, kemudian merancang kegiatan sesuai standar pengelolaan, proses dan sarana prasarana. Pelaksanaan program sesuai dengan komponen penilaian sekolah adiwiyata. Kemudian untuk implikasinya sekolah lebih bersih, membentuk karakter peduli lingkungan, menambah kreatifitas siswa, lebih dikenal masyarakat, menjadi daya tarik sekolah dan meningkatnya jumlah siswa. Untuk branding sekolah adiwiyatanya belum terencana dibuktikan belum adanya dokumentasi tentang point branding. SMP N 1 Wonotunggal melaksanakan program adiwiyata semaksimal mungkin dan berharap julukan “sekolah adiwiyata” akan mengikuti dengan sendirinya sebagai brand SMP N 1 Wonotunggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implikasi Branding, Sekolah Adiwiyata, Daya Saing.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Adila Sarah Qonita
Date Deposited: 29 Jul 2022 00:27
Last Modified: 29 Jul 2022 00:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15072

Actions (login required)

View Item View Item