UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN SOSIAL BAGI KESEJAHTERAAN LANJUT USIA DI PANTI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA (PPSLU) SUDAGARAN BANYUMAS

EVIEN, BI'ARFIN (2022) UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN SOSIAL BAGI KESEJAHTERAAN LANJUT USIA DI PANTI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA (PPSLU) SUDAGARAN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
EVIEN BI'ARFIN_Skripsi_1617104015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang peneliti mengambil judul ini yaitu setelah melihat harapan hidup lansia yang tinggi sementara jumlah kasus lasnia terlantar terus menaik, dan prasarana serta pendampingan yang kurang masiv. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai upaya peningkatan pelayanan sosial bagi kesejahteraan lanjut usia di Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Sudagaran Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan berlokasi di PPSLU Sudagaran Banyumas. Subyek dalam penelitian ini adalah Pengelola, Pekerja Sosial, dan Penerima Manfaat di PPSLU Sudagaran Banyumas. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian, yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses tahapan sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan sosial dilaksanakan sebagai berikut : Pendekatan Awal, Pengungkapan dan Pemahaman Masalah (Assessment), Rencana Pemecahan Masalah, dan Pemecahan Masalah. 2) Terdapat beberapa program bimbingan didalam Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Sudagaran Banyumas seperti : bimbingan aktivitas hidup sehari-hari (Activity Daily Living), bimbingan fisik, bimbingan mental spiritual, bimbingan mental agama Islam, bimbingan mental agama Kristen, bimbingan psikososial, bimbingan sosial, bimbingan keterampilan, dan bimbingan rekreasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Peningkatan, Pelayanan Sosial, Kesejahteraan, Lanjut Usia
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: EVIEN BI'ARFIN sdri
Date Deposited: 29 Jul 2022 00:05
Last Modified: 29 Jul 2022 00:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15071

Actions (login required)

View Item View Item