Strategi Penguatan Kompetensi Profesional Guru TPQ Oleh Badko LPQ Punggelan Banjarnegara

Ika, Febianti (2022) Strategi Penguatan Kompetensi Profesional Guru TPQ Oleh Badko LPQ Punggelan Banjarnegara. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ika Febianti_Strategi Penguatan Kompetensi Guru TPQ Oleh Badko LPQ Punggelan Banjarnegara_.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam mewujudkan guru TPQ yang profesional maka guru harus memiliki 4 kompeteni yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial, keempat kompetensi tersebut harus dimiliki oleh guru TPQ Punggelan namun kompeteni profesional lebih dikuatkan di program Badko LPQ. Penguatan kompetensi profesional guru TPQ ini penting dilakukan guna menjadikan guru TPQ yang profesional menjadi lebih profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Badko LPQ dalam mewujudkan guru TPQ yang profesional melalui kegiatan penguatan kompetensi profesionali guru TPQ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah Badko LPQ Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Dengan subjek penelitiannya yaitu ketua Badko LPQ Punggelan. Hasil penelitian tentang Strategi Penguatan Kompetensi Profesional Guru TPQ Oleh Badko LPQ Punggelan Banjarnegara yaitu mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Badko LPQ dalam mewujudkan guru TPQ yang profesional melalui penguatan kompetensi profesional guru TPQ yaitu dirangkum dalam program kerja Badko LPQ dan setiap program kerjanya dikelompokan sesuai 4 kompetensi yang ada. Beberapa program kerja dirancang agar dapat mewujudkan guru TPQ yang profesional, namun tidak semua program kerja Badko LPQ dapat dijadikan upaya dalam melakukan penguatan kompetensi profesionali guru TPQ, akan tetapi semua program Badko yang ada dapat menunjang terwujudnya guru TPQ yang profesional. Program kerja Badko LPQ Punggelan dalam mewujudkan guru TPQ yang profesional melalui penguatan kompetensi profesional oleh Badko LPQ yaitu meliputi kegiatan pembentukan korwil Badko di desa-desa, melakukan pendataan ulang TPQ, membenahi administrasi Badko, pertemuan rutin ustadz/ustadzah, mengadakan pelatihan bagi santri sesuai bakat minat, melakukan syahadah bagi ustadz/ustadzah, pelatihan manajeman pengelolaan lembaga TPQ, mengadakan wisuda/haflah dan imtihan santri, serta mengadakan pelatihan bagi ustadz/ustadzah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Badko LPQ, Guru TPQ, Kompetensi Profesional
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ika Febianti
Date Deposited: 29 Jul 2022 00:01
Last Modified: 29 Jul 2022 00:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item