IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PURWOJATI

Aflah, Alqudsi (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PURWOJATI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aflah Alqudsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwojati. Salah satu faktor penyebabnya adalah pendekatan dalam mengajar. Maka salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), karena model pembelajaran ini menggabungkan akademik dengan sebuah permaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwojati. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwojati. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yaitu kelas VIII A yang berjumlah 19 siswa dan kelas VIII B yang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahsawanya terdapat pengaruh terhadap model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwojati. Dari hasil N-Gain menunjukan N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dimana kelas eksperiman mendapatkan nilai rata – rata N-Gain sebesar 0,454 yang dapat dikategorikan dengan kategori sedang, dan pada kelas kontrol mendapat nilai rata – rata N-Gain sebesar 0,133 yang dapat dikategorikan ke dalam kategori rendah. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Pemahaman Konsep Matematika, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Pemahaman Konsep Matematika, Matematika.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Aflah Alqudsi sdr
Date Deposited: 28 Jul 2022 17:29
Last Modified: 28 Jul 2022 17:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15060

Actions (login required)

View Item View Item