STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TERNAK BURUNG PUYUH PADA PETERNAKAN DAFFA PUYUH JAYA DI NUSAMANGIR KEMRANJEN BANYUMAS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

NIDA, ULFIA (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TERNAK BURUNG PUYUH PADA PETERNAKAN DAFFA PUYUH JAYA DI NUSAMANGIR KEMRANJEN BANYUMAS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Nida Ulfia_Strategi pengembangan usaha ternak burung puyuh pada peternakan daffa puyuh jaya di nusamangir kemranjen banyumas perspektif ekonomi islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Daffa Puyuh Jaya merupakan usaha peternakan yang berdiri pada tahun 2013. Usaha Daffa Puyuh Jaya di Nusamangir Kemranjen Banyumas tidak pernah lepas dari masalah, baik masalah internal maupun eksternal. Permasalahan yang dihadapi yaitu tidak bisa memenuhi permintaan konsumen dengan jumlah yang banyak, karena masih memiliki beberapa kendala yang dihadapi. Kendala tersebut kurangnya permodalan, kurangnya sumber daya manusia serta teknologi dan pemasaran yang masih sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangkan usaha pada Daffa Puyuh Jaya untuk mengembangkan Daffa Puyuh Jaya di Nusamangir Kemranjen Banyumas Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung usaha Daffa Puyuh Jaya untuk mencatat informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Kemudian wawancara dilakukan dengan pemilik usaha Daffa Puyuh Jaya dan salahsatu pemilik usaha puyuh yang sudah bangkrut. Selanjutnya untuk dokumentasi, peneliti mengumpulkan foto-foto tempat, produk, kegiatan, struktur organisasi pada usaha Daffa Puyuh Jaya. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha Daffa Puyuh Jaya yang dapat digunakan yakni tetap menjalin hubungan baik dengan pelanggan, tetap menjual barang dagangan yang berkualitas, harga terjangkau, perbaikan manajemen untuk mengatasi SDM, inisiatif melakukan pinjaman, memperbarui alat-alat, meningkatkan kegiatan promosi, mempertahankan kualitas produk, bekerja sama dengan pemerintah. Dalam perspektif ekonomi Islam proses pemilihan strategi pengembangan usaha Daffa Puyuh Jaya pada dasarnya tidak menyalahi kaidah-kaidah agama Islam, yaitu tidak menjual produk yang diharamkan serta transparan dalam penetapan harga dan juga tidak melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari ajaran Islam lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daffa Puyuh Jaya, Strategi Pengembangan Usaha, Analisis SWOT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nida Ulfia sdr
Date Deposited: 28 Jul 2022 17:25
Last Modified: 28 Jul 2022 17:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15056

Actions (login required)

View Item View Item