Profesionalisme Guru Melalui Kegiatan Supervisi Di SMA N 2 Tegal

Hana, Alifiani (2022) Profesionalisme Guru Melalui Kegiatan Supervisi Di SMA N 2 Tegal. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saefuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANA ALIFIANI SIAP CETAK OTW_111104.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Supervisi bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri guru,membangun kebersamaan, dan kekompakan dalam melangkah sesuai dengan target yang ditentukan. Permasalahan yang dihadapi oleh SMA N 2 Tegal kurangnya persiapan dari guru yang di supervisi seperti terlambatnya mengumpulkan revisianya dan kurangnya persiapan media pembelajaran, sedangkan dari kepala sekolah sendiri jadwalnya tidak tepat saat akan melaksanakan supervisi terhadap guru. Fokus penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kepala sekolah melakukan supervisi di SMA N 2 Tegal. Penelitian ini menggunakan teori John Minor Gwyn yaitu teknik individual dan teknik kelompok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya bahwa guru sebagai tenaga pendidik berupaya untuk meningkatkan profesionalisme guru. Salah satunya adalah harus mengikuti pelatihan, seminar, workshop, baik yang diadakan oleh pihak sekolah. Kepala sekolah di SMA N 2 Tegal menyampaikan bahwa guru di SMA N 2 Tegal melalui beberapa program yaitu dengan melakukan supervisi, melakukan rapat dinas yang diadakan setiap satu bulan sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Profesionalisme guru, supervisi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hana Alifiani
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:41
Last Modified: 26 Jul 2022 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15051

Actions (login required)

View Item View Item