MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA SD ISLAM AL- AZHAR 39 PURWOKERTO

Zahra Okti, Pangestu (2022) MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA SD ISLAM AL- AZHAR 39 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zahra Okti Pangestu naskah skripsi (7).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak yang memiliki potensi keterbakatan merupakan anugerah istimewa yang sifatnya turunan atau dari lahir, anak berbakat selalu dianggap sebagai kekayaan negara yang akan memberikan manfaat besar dalam kemajuan dan kegemilangan umat, agar potensi tersebut muncul dapat terasah, bekembang, dimanfaatkan secara optimal diperlukan berbagai upaya untuk merealisasikannya. Dalam dunia pendidikan khususnya sekolah tidak semata mata hanya mendidik dan mengajarkan supaya pintar tetapi juga sebagai wadah atau wahana untuk menampung menggali mengembangkan potensi bakat dan minat siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kegiatan manajemen program pengembangan bakat dan minat siswa di SD Islam Al-Azhar 39 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator ekstrakurikuler, guru kelas. objek penelitian ini adalah manajemen pengembangan bakat dan minat siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemuadian analisis data tersebut menggunakan reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan manajemen pengembangan bakat dan siswa di SD Islam Al- Azhar 39 Purwokerto sebagai berikut: Pertama sekolah dalam menyiapkan dan melakukan kebijakan terkait pemgembangan bakat dan minat unsurnya termuat dalam kurikulum SD Islam Al-Azhar 39 . Purwokerto kegiatan intrakurikuler,ekstrakurikuler dan kokurikuler. Kedua perencanaan pengembangan bakat dan minat dilakukan pengembangan visi misi, perumusan tujuan, pemilihan program kerja, identifikasi. Ketiga pelaksanaan pengembangan bakat dan minat dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler meliputi kegiatan pembiasaan kegiatan keagaamaan, kegiatan Billingual, kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan, kegiatan kokurikuler meliputi parenting day dan home visit kemudian dalam melakukan pembinaan pendampingan terdapat layanan yaitu layanan bimbingan konseling. Keempat pengawasan pengembangan bakat minat yang dilakukan dengan melakukan supervisi setiap 3 bulan sekali dan yang disupervisi meliputi supervisi KBM, supervisi ekstrakurikuler dan sebagainya. Kelima evaluasi pengembangan bakat dan minat yang dilakukan berdasarkan penilaian kurikulum 2013 yang menjadi acuan dalam penilaian tersebut meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bakat, Minat, Manajemen, Pengembangan, Program
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 003 Systems
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zahra okti pangestu sdri
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:27
Last Modified: 26 Jul 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15045

Actions (login required)

View Item View Item