PENERAPAN MEDIA UANG ASLI PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 0I CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SUSRIYATI, 133911488 (2015) PENERAPAN MEDIA UANG ASLI PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 0I CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SUSRIYATI_PENERAPAN MEDIA UANG ASLI PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 0I CILACAP TH PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berlatar belakang permasalahan kesulitan siswa kelas III MI Ya BAKII Kesugihan 01 dalam memahami pelajaran IPS khususnya pokok bahasan Uang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan uang asli pada pembe;ajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Ya BAKII Kesugihan 01? Penelitian yang digunakan dalam menjawab pertanyaan tersebut di atas adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Class room Action Research ) yaitu suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukannya, serta memperbaiki kondisi dimana pratek-pratek pembelajaran tersebut dilakukan, pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif-interaktif merupakan penelitian dimana para peneliti mengumpulkan data dalam situasi face to face terhadap orang yang sudah diseleksi dalam setting penelitian lapangan, obyek penelitian ini adalah penerapan media uang asli pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III di MI Ya BAKII Kesugihan 0I Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari laki-laki 22 orang dan perempun 11 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara (interview), metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Metode analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. viii Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan menggunakan metode talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran IPS khususnya pokok bahasan uang, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan medaia uang asli pada pembelajaran IPS berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Ya BAKII Kesugihan 01. Hal ini dapat dilihat dari hasil setelah selesai pembelajaran, pada tahap awal (pra siklus) siswa yang tuntas belajar (KKM) hanya 14 siswa dengan nilai rata-rata 42,42 atau ketuntasan baru mencapai 42%, kemudian pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 siswa dengan nilai ratarata 77,96 atau ketuntasan mencapai 69,70% dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mencapai 32 siswa dengan nilai rata-rata 90,30 dengan ketuntasan belajar mencapai 96,96% ( tanpa kata kunci )

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:34
Last Modified: 08 Nov 2016 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item View Item