STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI AL-HIDAYAH PURWASABA MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SITI MAESAROH, 092338145 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI AL-HIDAYAH PURWASABA MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SITI MAESAROH_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MAPEL FIKIH DI MI AL-HIDAYAH PURWASABA MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, mata pelajaran fikih akan menjadi lebih mudah dipelajari dan lebih mudah diterima para siswa serta membantu siswa mempraktekkannya sehari-hari sehingga sekolah dapat mencapai tujuan yang telah menerapkan strategi pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif apa saja yang diterapkan pada mata pelajaran fikih di MI Al- Hidayah Mandiraja Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai Penerapan strategi dalam pembelajaran fikih di MI Al-Hidayah Purwasaba sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang disampaikan, diantar strategi yang di gunakan adalah strategi card sort, strategi Team Quiz, strategi picture and picture dan strategi mind map. Pertama, strategi card sort diterapkan pada standar kompetensi memahami tata cara haji, Kedua , Strategi bermain sambil belajar, strategi ini diterapkan pada standar kompetensi Mampu memahami dan melakukan mandi setelah haid, memahami ketentuan jual beli dan mampu melakukannya, memahami ketentuan pinjam meminjam dan sewa menyewa dan mampu melakukannya. Ketiga. Strategi picture and picture, yang diterapkan pada kompetensi dasar Mengenal dan mengamalkan lima rukun islam terbiasa berperliaku hidup bersih.Mampu berwudlu dan mengenal salat fardhu. Dan pada standar kompetensi melaksanakan wudhu. Dan strategi mind map, digunakan untuk menyampaikan pada pada standar kompetensi Mampu memahami dan melakukan Shadaqah dan Infaq, memahami ketentuan makanan minuman yang halal dan makanan yang haram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif, dan Pembelajaran Fikih.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:57
Last Modified: 07 Nov 2016 08:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item