PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR–SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

RAHMAH AULIA, NIM. 1123305115 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR–SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
RAHMAH AULIA_PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR–SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajarankooperatiftipethink-pair-share terhadaphasilbelajarPKnsiswakelas III. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU 1 Sokawera, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas pada semester genap tahun pelajaran 2014 / 2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan(fildresearch) dengan menggunakan metode penelitian eksperimen two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruhsiswakelas III MI Ma’arif NU 1 Sokaweratahun pelajaran 2014 / 2015. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas III yang diambil secara tekniknonprobability sampling atau teknik sampel jenuh yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol.Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yangtelah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh yang signifikan antara pembelajarankooperatif model think-pairshare terhadap hasil belajar PKn siswa.Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikasi 0,05 hal ini dapat dilihatdari thitung> ttabel. Berdasarkan hasil analisis uji-t, diperoleh nilai thitung Post Test sebesar 3,208, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,019. Maka dapat dinyatakan bahwa thitung> ttabel. Hal inimenunjukkanbahwa terdapat pengaruh pembelajarankooperatiftipethink-pair-share terhadaphasilbelajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PembelajaranKooperatif Model Think-Pair-Share, Hasil Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:15
Last Modified: 07 Nov 2016 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item