IMPLEMENTASI TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMEBALAJARAN PAI DI SDIT LENTERA HATI KALIGONDANG PURBALINGGA

Musli'ah, Musli'ah (2022) IMPLEMENTASI TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMEBALAJARAN PAI DI SDIT LENTERA HATI KALIGONDANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUSLI'AH_IMPLEMENTASI TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SDIT LENTERA HATI KALIGONDANG PURBALINGGA.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Implementasi adalah suatu kegiatan yang terencana dan dalam pelaksanaannya dilakukan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan acuan norma tertentu guna mencapai tujuan kegiatan. Lingkungan pendidikan adalah salah satu komponen pendidikan dimana lingkungan pendidikan adalah tempat dimana peserta didik tumbuh dan berkembang. Menurut Ki Hadjar Dewantara bahwa lingkungan peserta didik terbagi atas tiga lingkungan atau dikenal dengan istilah tri pusat pendidikan. Tiga pusat pendidikan adalah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. SDIT Lentera Hati Kaligondang Purbalingga merupakan sekolah Islam Terpadau yang memiliki sistem penyamaan pola asuh dalam pelaksanaan tiga konsep terpadu yang merupakan ciri khas dari sekolah Islam Terpadu. Salah satu mata pelajaran yang menjadi kosentrasi peneliti adalah pendidikan agama Islam (PAI). Maka demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi teori tri pusat pendidikan dalam pembelajaran PAI di SDIT Lentera Hati Kaligondang Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Sumber data meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI, orang tua peserta didik, dan masyarakat sekitar SDIT Lentera Hati Kaligondang Purbalingga. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif (descriptive analysis). Hasil penelitian ini menerangkan bahwa implementasi teori tri pusat pendidikan dalam pembelajaran PAI di SDIT Lentera Hati Kaligondang Purbalingga telah dilaksanakan sesui dengan perannya oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat serta peserta didik dapat mengimplementasikan pembelajaran PAI yang telah diperoleh di dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Kata Kunci: Tri Pusat Pendidikan, Pembelajaran PAI, SDIT Lentera Hati Kaligondang Purbalingga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tri Pusat Pendidikan, Pembelajaran PAI, SDIT Lentera Hati Kaligondang Purbalingga
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Musli'ah M
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:18
Last Modified: 19 Jul 2022 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14994

Actions (login required)

View Item View Item