ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGUNAAN TANAH TANGGUL IRIGASI (Studi Kasus Sungai Ciberem di Kalijeruk Kabupaten Cilacap)

MOHAMAD, FIRDOOS (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGUNAAN TANAH TANGGUL IRIGASI (Studi Kasus Sungai Ciberem di Kalijeruk Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN.Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGUNAAN TANAH TANGGUL IRIGASI (Studi Kasus Sungai Ciberem di Kalijeruk Kabupaten Cilacap))
Mohamad Firdoos.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masyarakat di Desa Kalijeruk, Jalan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, memanfaatkan lahan tanggul irigasi. Penggunaan tanah tanggul irigasi didasarkan pada keinginan pribadi dari mereka yang peduli dengan tanah tanggul irigasi. Faktor yang melatarbelakangi praktek penggunaan lahan tanggul adalah karena masyarakat sudah terbiasa dengan anggapan bahwa lahan tanggul terbengkalai tidak digunakan, lebih baik dirawat dan digunakan untuk usaha, dan karena lahan sudah diolah maka masyarakat menganggap tanggul irigas menjadi tanah menjadi milik mereka. Tujuan penelitian ini supaya tahu akan praktek penggunaan lahan tanah irigasi di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Oleh karenanya pokok permasalan yang diambil penulis adalah bagi Bagaimana pelaksanaan penggunaan tanggul irigasi ciberem desa kalijeruk kecamatan kawunganten kabupaten cilacap.? dan Bagimana analisis hukum islam terhadap praktik penggunaan tanggul irigasi ciberem desa kalijeruk kecamatan kawunganten kabupaten cilacap.? Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang menggali data dari lapangan dengan mewawancarai narasumber.Data primer diperoleh dengan wawancara sedangkan data sekunder diambil dari artikel dan buku-buku yang berkaitan dengan ihy>a ul-maw>at, Musa>qah,gas}ab. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah normatif. sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode induktif. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa Masyarakat di desa Kalijeruk Kecamatan kawunganten Kabupaten Cilacap melakukan penggunaan tanah irigasi. Penggunaan tanah irigasi tesebut didasarkan pada keinginan individual tanpa ada perizinan dari pihak PSDA atau kelurahan setempat. Masyarakat mendapatkan tanah tersebut dari turun temurun dan karena tanah tersebut tidak ada yang memanfaatkannya maka masyarakat memanfaatkan tanah irigasi tersebut dengan cara merawat tanah tersebut.Jadi dalam hukum islam praktek pengunaan tanah irigasi di Desa Kalijeruk kawunganten cilacap itu tidak boleh, karena dalam konsep gas}ab tersebut bahwa tanah yang digunakan warga yaitu tanah PSDA. Kata kunci: Penggunaan Tanah, Tanggul Irigasi, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Tanah, Tanggul Irigasi, Hukum Islam
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x4. Fiqih > 2x4.5 Jinayat (Pidana Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Mohamad Firdoos
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:02
Last Modified: 21 Jul 2022 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14984

Actions (login required)

View Item View Item