OPTIMALISASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI MUSIK TK PERTIWI 2 LANGGAR, KECAMATAN KEJOBONG, KABUPATEN PURBALINGGA

VIA, YULIANTI (2022) OPTIMALISASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI MUSIK TK PERTIWI 2 LANGGAR, KECAMATAN KEJOBONG, KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Via Yulianti_OPTIMALISASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI MUSIK TK PERTIWI 2 LANGGAR, KECAMATAN KEJOBONG, KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (911kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan musikal berkaitan dengan merasakan, mengubah, dan membeda-bedakan berbagai format musik/nada termasuk sensivitas dalam merasakan ritme, tinggi rendah dan warna nada. Kecerdasan musik, kemampuan yang sudah dimiliki anak sejak lahir untuk menggunakan musik dan suara yang mempermudah masuk ke dalam kesadaran diri sendiri dan transformasi di tingkat yang lebih dalam. Musik bukan hanya membangkitkan hidup dari jiwa di dalam diri anak. Musik dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi setiap yang mendengarnya. Kecerdasan musik harus dikembangkan terhadap setiap anak yang memiliki bakat/kecerdasan bermusik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi kecerdasan musikal anak usia dini melalui pembelajaran seni musik di TK Pertiwi 2 Langgar, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian pendidik dan peserta didik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Dan hasil dari analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran seni musik dapat dilakukan melalui kegiatan seperti bernyanyi, karena kegiatan bernyanyi menyenangkan bagi anak dan dapat mengembangkan kecerdasan anak, karena dengan bernyanyi anak akan mudah mengingat lirik lagu. Kegiatan bernyanyi dapat dilakukan setiap hari, baik di sekolah maupun di rumah. Setiap pembelajaran diselingi dengan benyanyi. benyanyi adalah hal yang alami bagi anak-anak. Bernyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Pembelajaran seni tidak hanya dilakukan dengan kegiatan bernyanyi, bisa dengan kegiatan bermain alat musik, melukis, dan menari. Sehingga kecerdasan musikal pada anak usia dini dapat dioptimalkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kecerdasan Musikal, Anak Usia Dini, dan Seni Musik
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Via Yulianti sdri
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:25
Last Modified: 29 Jun 2022 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14933

Actions (login required)

View Item View Item