KEBIJAKAN POLITIK DALAM NEGERI KHALIFAH MU'AWIYAH BIN ABU SUFYAN DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR'IYYAH

Muhamad, Nur Sabbih (2022) KEBIJAKAN POLITIK DALAM NEGERI KHALIFAH MU'AWIYAH BIN ABU SUFYAN DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR'IYYAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhamad Nur Sabbih_Kebijakan Politik Dalam Negeri Khalifah Mu'awiyah bin Abu Sufyan Dalam Perspektif Siyasah Syar'iyyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khalifah Mu’awiyah bin Abu Sufyan melakukan berbagai kebijakan untuk kepentingan umat Islam, kecakapan beliau dalam mengatur urusan pemerintahan Islam dinilai oleh banyak kalangan dengan berbagai persepsi. Sebagian dari kalangan tersebut menilai kebijakan Mu’awiyah bin Abu Sufyan memiliki tujuan khusus dalam memperlakukan keluarga dalam masa kepemimpinan beliau, walaupun Mu’awiyah bin Abu Sufyan dianggap berhasil dalam mengubah keadaan negeri menjadi pemerintahan yang teratur dan sejahtera. Namun kebijakan Mu'awiyah bin Abu Sufyan dipandang tidak sesuai dengan syariat Islam yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dalam memimpin umat Islam terutama bidang politik. Dalam mengkaji kebijakan politik pemerintahan Khalifah Mu’awiyah bin Abu Sufyan, peneliti berusaha untuk membandingkan dengan teori siyāsah syar’iyyah. Antara lain teori siyāsah dusturiyah dan siyāsah māliyah. Sehingga sumber data yang diambil adalah data premier dan sekunder. Penelitian ini juga menggunakan metode library research yaitu teknik pengumpulan data melalui buku, dokumen dan tulisan yang relevan. Adapun analisis data yang digunakan adalah dengan cara menuliskan, mengedit, mengklarifikasikan, mereduksi, dan menyajikan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan sejarah, karena mengkaji peristiwa yang terjadi dimasa lampau. Hasil penelitian menunjukan bahwa didalam bidang siyāsah dusturiyah kebijakan politik dalam negeri Khalifah Mu’awiyah bin Abu Sufyan terdapat perbedaan dengan pemerintahan Nabi Muhammad SAW dan Khulafaur Rasyidin. Perbedaan tersebut antara lain pemindahan pusat pemerintah, mengubah sistem pemerintahan syura’ atau demokratis menjadi sistem monarki (kerajaan). Terbukti dengan diangkatnya Yazid bin Muawiyah sebagai khalifah. Dalam bidang siyāsah māliyah kebijakan Khalifah Mu’awiyah bin Abu Sufyan pada dasarnya mengikuti kebijakan Khalifah Umar bin Khathab. Antara lain sumber pendapatan berasal dari zakat, jizyah, kharaj, al-‘usyūr, dan seperlima harta rampasan. Yang pengalokasiannya diperuntukan untuk gaji pegawai dan tentara serta biaya tata usaha negara, pembangunan pertanian dan termasuk irigasi, ongkos bagi orang-orang hukuman dan tawanan perang dan pembelian perlengkapan perang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinasti, Kebijakan Politik, Khalifah, Siyāsah Syar’iyyah,
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.3 Daulah Umawiyah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik > 2x6.21 Negara Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik > 2x6.22 Sistem Pemerintahan
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Muhamad Nur Sabbih sdr
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:42
Last Modified: 28 Jun 2022 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14866

Actions (login required)

View Item View Item