Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Terpadu (Studi Pada Kelompok Swadaya Masyarakat Sae Kelurahan Purwokerto Wetan Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas)

Bagas, Adi Ristanto (2022) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Terpadu (Studi Pada Kelompok Swadaya Masyarakat Sae Kelurahan Purwokerto Wetan Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
BAGAS ADI RISTANTO-PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PST.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Krisis ekologi global akhir-akhir ini semakin memprihatinkan. Hal tersebut di sebabkan oleh ulah manusia yang setiap tahunnya menghasilkan kurang lebih 2,5 miliar ton sampah. Kabupaten Banyumas merupakan wilayah terbesar kedua di Jawa Tengah dengan jumlah penduduk pada tahun 2021 mencapai 1.789.630 jiwa. Kelonjakan penduduk tersebut sangat mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat yang akhirnya menyebabkan jumlah sampah terus meningkat. Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah terpadu (PST) hadir sebagai solusi untuk menyadarkan dan meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap masalah sampah. Sebagaimana yang dilakukan oleh suatu komunitas kecil bernama Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) “Sae” yang berlokasi di Kelurahan Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Obyek dalam penelitian ini adalah Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah terpadu pada KSM Sae. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan dan bentuk-bentuk pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah terpadu pada KSM Sae. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya pelaksanaan pemberdayaan melalui pengelolaan sampah terpadu pada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sae dilakukan dengan 3 tahapan yakni a) tahap penyadaran dengan metode pemberian motivasi dan sosialisasi b) tahap pengkapasitasan dengan pelatihan dan pemberian keterampilan c) tahap pendayaan melalui pemberian peran dan tanggungjawab. Hasil pelaksanaan pemberdayaan tersebut yakni merubah kesadaran masyarakat dari yang belum memiliki kesadaran dalam mengolah sampah sekarang sudah memiliki kemandirian dalam mengolah sampah. Adapun bentuk kegiatan pemberdayaan yang dilakukan berupa pengolahan sampah organik yang dijadikan sebagai kompos dan bubur sampah pakan maggot serta pengolahan sampah anorganik yang dijadikan sebagai bahan baku Refuse Derived Fuel (RDF), serta fasilitasi program Sampah Online Banyumas (SALINMAS). Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, PST, KSM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, PST, KSM.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Bagas Adi Ristanto sdr
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:49
Last Modified: 28 Jun 2022 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14854

Actions (login required)

View Item View Item