PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN BENTUK DAN WUJUD BENDA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONKRIT BAGI SISWA KELAS II MI MA’ARIF NU 02 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

EDI PURNOMO, NIM. 1123306127 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN BENTUK DAN WUJUD BENDA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONKRIT BAGI SISWA KELAS II MI MA’ARIF NU 02 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
EDI PURNOMO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN BENTUK DAN WUJUD BENDA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONKRIT BAGI SISWA KELAS II MI MA’ARIF NU 02 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU 02 Karanggambas Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga, mata pelajaran IPA Kelas II Pokok Bahasan Perubahan Bentuk Dan Wujud Benda Menunjukkan hasil yang sangat rendah dan mendapat nilai dibawah standar Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM). Mata pelajaran IPA mempelajari tentang dirinya sendiri, lingkungannya, alam semesta dan teknologi yang akan membawanya ke sebuah pemahaman. Kegiatan pembelajaran IPA pada pokok bahasan perubahan bentuk dan wujud benda bagi siswa kelas II ini dilakukan dengan menggunakan media konkret. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran proses keaktifan siswa dengan menggunakan media konkret. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan perubahan bentuk dan wujud benda dengan menggunakan media konkret pada siswa kelas II. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian sebanyak 17 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari data tes siklus I dapat diketahui peningkatan pada skor rata-rata kelas yaitu 62,6 dan pada siklus II 73,5. Dapat diketahui pula bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari tiap pertemuan. Pada siklus I terjadi peningkatan siswa yang tuntas menjadi 12 siswa (70,6%) dari 17 siswa. Pada sikus II ada peningkatan siswa yang tuntas belajar menjadi 15 siswa (88,2%) dari 17 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan diterapkannya media konkret pada mata pelajaran IPA pokok bahasan perubahan bentuk dan wujud benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di MI Ma’arif NU 02 Karanggambas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Benda konkrit sebagai media pembelajaran.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:19
Last Modified: 07 Nov 2016 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item View Item