STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelanggan Listrik Pasca Bayar di PT. PLN (Persero) Rayon Purbalingga)

SRI ATUN CHASANAH, 102323087 (2015) STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelanggan Listrik Pasca Bayar di PT. PLN (Persero) Rayon Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SRI ATUN CHASANAH_STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelanggan Listrik Pasca Bayar di PT. PLN (Persero) Rayon Purbalingga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang penyediaan jasa tenaga listrik, dimana kepuasan menjadi sorotan utama pada strategi penting perusahaan. Adanya produk baru berupa listrik prabayar membuat pelanggan listrik pasca bayar merasa terabaikan. Untuk itu perlu dibuat strategi baru dari pihak PT. PLN (Persero). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif-kualitatif. Dalam pengumpulan data, penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan. Kegiatan ini meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu strategi yang dilakukan PT. PLN Rayon Purbalingga dalam memenuhi pelayanan agar tercapai kepuasan pelanggan dari pengguna listrik pasca bayar adalah dengan memberikan kemudahan atau memperluas jaringan pembayaran melalui PPOB (Payment Point Online Bank), yaitu pembayaran bisa dilakukan melalui Atm Banking, E-Banking, Sms Banking, kantor pos. Untuk penanganan gangguan menggunakan aplikasi keluhan dan keluhan terpadu (APKT). Adanya kepuasan pelanggan dapat dipastikan berasal adanya kualitas pelayanan yang prima yang diberikan oleh pihak perusahaan. Aspek-aspek dalam memenuhi kepuasan pelanggannya seperti: realibility, responsiveness, assurance, empathy dan tangible. Dalam perspektif ekonomi Islam terwujud dalam hubungan antara manusia, karena di dalamnya karyawan PT. PLN (Persero) Purbalingga tidak membeda-bedakan antara pelanggan yang satu dengan pelanggan yang lainnya, semua dilayani dengan ramah, cepat dan tanggap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan, Kepuasan, Ekonomi Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:24
Last Modified: 07 Nov 2016 02:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item View Item