STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN BANYUMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MUZAKKI

Nur Farikh, Rohman (2022) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN BANYUMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MUZAKKI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
farikh ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zakat adalah rukun Islam yang keempat. Dalam kata lain secara normatif merupakan suatu kewajiban yang dimiliki oleh setiap orang muslim. Strategi komunikasi BAZNAS dalam pengumpulan zakat oleh pembayar zakat (muzzaki) merupakan strategi baru yang harus ada dalam sosialisasi zakat. Strategi komunikasi ini sangat diperlukan dalam hal sosialisasi zakat kepada perusahaan-perusahaan agar masyarakat lebih tertarik untuk menunaikan zakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyumas dalam meningkatkan jumlah muzakki. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini digunakan karena data yang dibutuhkan penulis berupa keterangan, penjelasan dan informasi lisan. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penelusuran, membaca dan mencatat, tindakan selanjutnya adalah penyusunan data, mengklasifikasinya, yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan data yang menghasilkan kesimpulan Penelitian ini menunjukan bahwa, beberapa stretegi yang dilakukan BAZNAS Kab.Banyumas, anatar lain Kampanye/sosialisasi, Jemput Zakat, dan QRIS (Quick Respons Indonesian Standard) bekerja sama dengan BSI (Bank Syariah Indonesia). Implemetasi Strategi komunikasi BAZNAS Kab.Banyumas dalam meningkatkan jumlah muzzaki, Pertama, komunikator merupakan BAZNAS Kab.Banyumas dan beberapa mitra UPZ. Kedua, pesan yang disampaikan oleh BAZNAS Kab.Banyumas berisi pesan yang berkaitan tentang pentingnya membayar. Ketiga, media yang digunakan dengan sosialisasi, media online maupun offline. Keempat, komunikan merupakan masyarakat umum. Kelima, BAZNAS Kab.Banyumas dari strategi komunikasi yang dilakukan semata-semata untuk mengarahakan pada misi BAZNAS itu sendiri . Kata kunci : Strategi Komunikasi, Baznas) Kabupaten Banyumas, Dan Muzzaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Baznas Kabupaten Banyumas, Dan Muzzaki.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.149 Zakat lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Farikh Rohman sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 09:47
Last Modified: 27 Jun 2022 09:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item