PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMK NEGERI 1 PURBALINGGA

Dhaoul, Ngazizah (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMK NEGERI 1 PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
bab I-V watermak.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai ajaran Islam membuat semakin bebasnya seseorang dalam berperilaku. banyaknya penyimpangan sosial, sifat individualias, perundungan dan degradasi moral yang semakin memperihatinkan. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang seberapa besar pengaruh faktor–faktor yang mempengaruhi pembentukan perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Purbalingga. Adapun penelitian berlangsung dari bulan Maret sampai Mei 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitaif yang menggunakan jenis penelitian survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Purbalingga. Sampel terdiri dari 315 siswa yang dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket pola asuh orang tua, angket interaksi sosial dan angket pembentukan perilaku keagamaan. Uji Hipotesis pad apenelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana, uji regresi linear berganda, Uji T dan Uji F. Hasil penelitian mununjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap pembentukan perilaku keagamaan sebesar 27%, kemudian terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial terhadap pembentukan perilaku keagamaan sebesar 30,9% dan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dan interaksi sosial terhadap pembentukan perilaku keagamaan siswa SMK Negeri 1 Purbalingga sebesar sebesar 31.8%. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Sosial, Perilaku Keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Sosial, Perilaku Keagamaan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhaoul Ngazizah sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 09:37
Last Modified: 27 Jun 2022 09:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14796

Actions (login required)

View Item View Item