implementasi metode syawir dalam pembelajaran fikihdi pondok pesantren darul abror watumas purwokerto

riska, nistiharoh (2022) implementasi metode syawir dalam pembelajaran fikihdi pondok pesantren darul abror watumas purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saiuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RISKA NISTIHAROH_IMPLEMENTASI METODE SYAWIR DALAM PEMBELAJARAN IKIH DI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR WATUMAS PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran fikih ada berbagai macam metode yang dapat digunakan salah satunya adalah metode syawir (diskusi). Metode syawir merupakan cara penyampaian materi dengan mendiskusikan suatu permasalahan dengan mendebatkan argumentasi yang rasional dan ilmiah. Pondok pesantren darul abror berada di kecamatan purwokerto utara kabupaten banyumas. Metode pembelajaran fikih yang di terapkan di pondok pesantren darul abror adalah metode syawir. Berdasarkan hal tersebut peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana penerapan metode syawir dalam pembelajaran fikih di pondok pesantren darul abror watumas purwokerto. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer di peroleh secara langsung melalui wawancara dengan pengurus bidang kegiatan dan wali kelas serta melalui pengamatan langsung dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku, artikel, karya ilmiah yang memiliki hubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, metode syawir dalam pembelajaran sudah di gunakan sejak awal pondok pesantren darul abror berdiri, yaitu sekitar tahun 1997. Dalam pelaksanaannya kegiatan syawir dilaksanakan pada masing-masing kelas dengan fokus kajian kitab fikih yang berbeda-beda setiap tingkatan kelasnya. Penggunaan metode syawir di pondok pesantren darul abror memiliki kelebihan yaitu: menambah pengetahuan santri kelas ibtida, melatih rasa toleransi dalam perbedaan pendapat, dan melatih public speaking santri. Sedangkan kelemahan metode ini adalah susahnya mengelola kelas, waktu yang dibutuhkan relatif lama dan ada kelompok yang lebih mendominasi sehingga kelompok lain ada yang pasif. Kata Kunci: Metode Syawir, Pembelajaran Fikih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riska Nistiharoh sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:35
Last Modified: 27 Jun 2022 08:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item