EFEKTIVITAS APARAT DESA DALAM IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI PANGANDARAN NOMOR 40 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PSBB DALAM PENCEGAHAN PENANGANAN PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF FIQH SIYA>SAH (STUDI DI DESA MARUYUNGSARI PANGANDARAN)

TITIN, TRI HARTINI (2022) EFEKTIVITAS APARAT DESA DALAM IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI PANGANDARAN NOMOR 40 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PSBB DALAM PENCEGAHAN PENANGANAN PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF FIQH SIYA>SAH (STUDI DI DESA MARUYUNGSARI PANGANDARAN). Skripsi thesis, UIN PROF.K.H.SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TITIN TRI HARTINI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bermula dari akhir tahun 2019 warga Indonesia dikhawatirkan dengan adanya virus yang sangat cepat menular yaitu Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Hal ini tentu menyangkut kesiapsiagaan negara Indonesia untuk menghadapi potensi penularan Covid-19 termasuk siap sigap dari pemerintah daerah. PSBB menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menangani penyebaran virus, namun kerap kali sebuah kebijakan tidak dilaksanakan dengan baik terutama pada masyarakat desa, dikarenakan adanya beberapa faktor. Berdasarkan hal tersebut,rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Aparat Desa dalam Implementasi Peraturan Bupati Pangandaran No 40 Tahun 2020 Tentang Pedoman PSBB di Desa Maruyungsari. Jenis penelitian yang digunakan metode lapangan (field research) dengan metode pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan Hasil penelitian bahwa dibentuknya peraturan tersebut sebagai pedoman pelaksanaan PSBB dalam rangka penanganan covid-19 yang betujuan untuk membatasi kegiatan tertentu dan pergerakan dalam rangka menekan penyebaran covid-19, memperkuat upaya penanganan kesehatan akibat covid-19. Dan Dalam tinjauan fiqh siyasah mengenai tindakan yang dilakukan oleh aparat Desa Maruyungsari guna memperlambat penularan virus, sudah sesuai dengan konsep dari tinjauan fiqh siyasah sendiri. Kata Kunci: PSBB, Peraturan Bupati, Fiqh Siya>sah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PSBB, PERATURAN BUPATI, FIQH SIYASAH
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Titin Tri Hartini
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:31
Last Modified: 27 Jun 2022 08:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14780

Actions (login required)

View Item View Item