PENGGUNAAN NOTA KOSONG DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Bengkel Part Classsic Purwokerto)

Mochammad, Farih (2022) PENGGUNAAN NOTA KOSONG DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Bengkel Part Classsic Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MOCHAMMAD FAHRI_PENGGUNAAN NOTA KOSONG DALAM TRANSAKSI JUAL BELI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Islam mengatur seluruh aspek kehidupan termasuk juga dalam aktivitas ekonomi dengan aturan yang ketat. Hal tersebut bertujuan agar terhindar dari perbuatan yang dapat merugikan satu sama lain seperti halnya praktek penipuan, kecurangan dalam jual beli serta adanya permainan harga oleh kelompok tertentu yang tidak sesuai dengan harga pasaran sehingga kemaslahatan bersama dalam melakukan kegiatan ekonomi bisa terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktik penggunaan nota kosong dalam transaksi jual beli yang dilakukan di Bengkel Part Classic Purwokerto.. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan hukum normatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif, yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan sejak pengumpulan data, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Praktek penggunaan nota kosong pada transaksi jual beli di Bengkel Part Classic Purwokerto diberikan oleh pelaku usaha kepada beberapa pelanggan yang sebagian besar memiliki usaha bengkel dan menjual kembali barang tersebut kepada pelanggannya. Biasanya nota kosong tersebut sudah distampel dan ditandatangani oleh Pemilik Bengkel Part Classic Purwokerto. Nota kosong biasanya diminta oleh pelanggan yang juga memiliki bengkel motor, sebagai bukti ke pelanggan di bengkelnya. Nota kosong tersebut ditulis langsung di depan pemilik Bengkel Part Classic Purwokerto. Harga yang ditulis di nota kosong pun sesuai dengan harga umum yang diberikan Bengkel Part Classic Purwokerto. Meski juga ada beberapa pelanggan yang meminta nota kosong untuk kepentingan pribadinya, seperti untuk meminta ganti lebih biaya perbaikan motor kepada orangtuanya. Kedua, dalam pandangan hukum Islam, praktek pemberian nota kosong pada transaksi jual beli di Bengkel Part Classic Purwokerto, boleh diberikan kepada pelanggan yang juga memiliki bengkel motor, sebagai bukti ke pelanggan di bengkelnya, dan tidak boleh diberikan kepada pelanggan yang dikhawatirkan rentan terjadinya penyalahgunaan dan penyelewengan termasuk untuk pelaporan keuangan. Kata Kunci:Nota Kosong, Jual Beli, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nota Kosong, Jual Beli, Hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mochammad farih sdr
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:07
Last Modified: 27 Jun 2022 08:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14777

Actions (login required)

View Item View Item