MODEL INTERAKSI DAN RESEPSI DOSEN PERGURUAN TINGGI ISLAM TERHADAP AL-QUR'AN

Naqiyah, Naqiyah (2020) MODEL INTERAKSI DAN RESEPSI DOSEN PERGURUAN TINGGI ISLAM TERHADAP AL-QUR'AN. Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith, 10 (2). pp. 390-412. ISSN 2502-6321

[img]
Preview
Text
Model Interaksi dan Resepsi Dosen Perguruan Tinggi Islam Terhadap Al-Qur'an.pdf

Download (330kB) | Preview
Official URL: http://jurnalfuf.uinsby.ac.id/index.php/mutawatir

Abstract

Ada berbagai macam interaksi antara manusia dan al-Qur’an dalam masyarakat Muslim. Idealnya dosen perguruan tinggi Islam dapat berinteraksi dengan al-Qur’an dengan tingkat kuantitas dan kualitas yang baik. Tulisan ini bertujuan untuk mengelaborasi berbagai model interaksi dosen IAIN Purwokerto terhadap al-Qur’an. Artikel ini menggali tentang bentuk, nilai, motif dan interpretasi dari interaksi dosen dengan al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan integratif dengan menggabungkan pendekatan sosial dari teori resepsi David Murley tentang tiga kemungkinan penerimaan teks, dan pendekatan agama tentang tiga tingkatan ibadah. Artikel ini berpendapat bahwa model interaksi dosen terhadap al-Qur’an dapat diklasifikasikan ke dalam empat bentuk: resepsi liturgis, estetis, intelektual, dan mistis. Keempat model interaksi tersebut sebagian besar merepresentasikan model ‘dominant reading,’ di mana mereka berinteraksi dengan al-Qur’an apa adanya. Sementara sebagian yang lain merepresentasikan model ‘negotiated reading,’ dan bahkan ‘transaksional,’ di mana mereka melakukan improvisasi dalam membaca al-Qur’an yang disesuaikan dengan lingkungan sosial budaya mereka.

Item Type: Article
Subjects: 2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora
Depositing User: Joko Adi Panca Nugraha
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:03
Last Modified: 28 Jun 2022 01:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14752

Actions (login required)

View Item View Item