PERAN DAN PENGGUNAAN QRIS E-WALLET LINKAJA TERHADAP PENINGKATAN OMZET USAHA (STUDI KASUS UMKM MITRA LINKAJA DI KABUPATEN BANYUMAS)

Triyani, Triyani (2022) PERAN DAN PENGGUNAAN QRIS E-WALLET LINKAJA TERHADAP PENINGKATAN OMZET USAHA (STUDI KASUS UMKM MITRA LINKAJA DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TRIYANI_Peran dan Penggunaan QRIS E-Wallet LinkAja Terhadap Peningkatan Omzet Usaha (Studi Kasus UMKM Mitra LinkAja di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

E-wallet merupakan salah satu jenis pembayaran elektronik. Di Indonesia, ada begitu banyak produk e-wallet baik yang dikeluarkan oleh bank ataupun sektor swasta. PT. Fintek Karya Nusantara merupakan perusahaan yang memiliki produk dompet elektronik yaitu LinkAja dan telah disetujui Bank Indonesia untuk menjalankan operasionalnya pada tanggal 30 Juni 2019. Salah satu sektor yang menjadi fokus tujuan dari LinkAja adalah pemberdayaan UMKM Mitra melalui proses digitalisasi pasar. Dengan semakin berkembangnya e-wallet LinkAja di kalangan pelaku bisnis, apakah dapat meningkatkan omzet usaha UMKM? Selain itu pemerintah melalui Bank Indonesia telah mencanangkan GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran yang aman, efisien, dan lancar. Lalu bagaimana penggunaan QRIS pada UMKM Mitra LinkAja? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan penggunaan QRIS untuk e-wallet LinkAja terhadap peningkatan Omzet Usaha (Studi Kasus UMKM Mitra LinkAja di Kabupaten Banyumas). Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa LinkAja mempunyai peran penting dalam meningkatkan omzet UMKM Mitra LinkAja di Kabupaten Banyumas. Hal ini dapat ditunjukkan melalui data yang diperoleh dari UMKM Mitra LinkAja bahwa terjadi perubahan omzet sebelum dan setelah menggunakan QRIS e-wallet LinkAja. Fitur-fitur yang lengkap, sales dan tim professional LinkAja district Purwokerto yang tersebar di beberapa titik, layananan full service dan basic service juga menjadi komponen kemudahan penggunaan QRIS e-wallet LinkAja bagi UMKM Mitra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-wallet, QRIS, UMKM, LinkAja, Omzet.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: TRIYANI TRIYANI sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:56
Last Modified: 27 Jun 2022 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14744

Actions (login required)

View Item View Item