PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS I MIM 01 BLAMBANGAN BAWANG BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Jian Setiyowati, 1123306013 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS I MIM 01 BLAMBANGAN BAWANG BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text
Jian Setiyowati_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penemuan di lapangan tempat peneliti mengabdi di MIM 01 Blambangan menunjukkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Pada mata pelajaran IPA kelas 1 materi pokok Energi dan Perubahannya dapat diperoleh bahwa hasil pembelajaran masih rendah (Observasi awal hari kamis tanggal 9 Maret 2014). Peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM sebanyak 13 siswa, hanya 9 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Berdasarkan latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Energi dan Perubahannya melalui metode demontrasi di kelas 1 MIM 01 Blambangan Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas, yang bersifat kolaboratif, dimana peneliti dibantu oleh seorang guru teman sejawat untuk mengawasi dan melakukan penialaian selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Sedangkan tahapan-tahapan yang dIgunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa : pada studi pendahuluan atau studi awal, siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 siswa dari 22 siswa = 41% dengan nilai rata-rata 56,36. Pada siklus I, siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 siswa dari 22 siswa = 77,27% dengan nilai rata-rata 66,36. Pada siklus II, siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 siswa dari 22 siswa = 95,45% dengan nilai rata-rata 80. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini diputuskan berhentihanya sampai pada siklus II. Hal ini dikarenakan pada pelaksanaan siklus II seluruh siswa telah mencapai ketuntasan minimal yang ditetapkan. Untuk itu rumusan hipotesis atau hipotesis tindakan yang menyatakan : “Jika menggunakan metode demonstrasi maka dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya di kelas I semester 2 MI Muhammadiyah 01 Blambangan tahun pelajaran 2013/2014” diterima. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Metode Demonstrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 09 Nov 2016 00:49
Last Modified: 09 Nov 2016 00:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item