PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI TIPE TES PILIHAN GANDA BERBASIS HOTS MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Mauliya Nandra, Arif Fani (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI TIPE TES PILIHAN GANDA BERBASIS HOTS MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Mauliya Nandra Arif Fani_ Pengembangan Instrumen Evaluasi Tipe Tes Pilihan Ganda Berbasis HOTS Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas 5 Sekolah Dasar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan instrumen evaluasi pada tipe tes pilihan ganda yang berbasiskan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang mengacu kepada teori Borg and Gall. Penelitian ini diawali dengan telaah kurikulum dan materi ajar sebagai bahan penyusunan instrumen evaluasi berbasis HOTS tersebut. Kemudian, instrumen yang berupa butir soal disusun, dilakukan validasi oleh para ahli, dianalisis dan direvisi sesuai arahan validator. Hasil validasi oleh para ahli ini menunjukkan nilai 97,75% dari aspek materi dan 93,7% dari aspek evaluasi. Selanjutnya dilakukan uji coba pertama terhadap 30 peserta didik di 3 SD, yaitu SDN 1 Kecepit, SDN 2 Kecepit, dan SDN Badakarya. Hasil uji coba ini menunjukkan bahwa dari 20 butir instrumen evaluasi yang dikembangkan, terdapat 1 butir yang tidak valid sehingga dilakukan revisi, 11 butir valid, tetapi nilai validitasnya rendah sehingga dilakukan sedikit revisi, dan 8 butir memiliki nilai validitas tinggi sehingga tidak dilakukan revisi. Secara umum, instrumen tersebut dapat dikatakan reliabel dengan nilai tinggi yaitu 0,831508098 dan dengan nilai efektivitas sebesar 56,6%. Selanjutnya, dilakukan uji coba kedua terhadap 60 peserta didik di 5 SD, yaitu SDN 1 Kecepit, SDN 2 Kecepit, SDN Badakarya, SDN Klapa, dan SDN 2 Bondolharjo. Hasil uji coba menunjukkan bahwa butir soal sebagian besar valid, terdapat 5 butir soal yang memiliki nilai validitas rendah sehingga dilakukan analisis dan sedikit revisi. Instrumen evaluasi juga menunjukkan data yang reliabel dengan nilai tinggi, yaitu 0,728280727 dan dengan nilai efektivitas sebesar 80%. Dengan demikian, besar instrumen evaluasi yang dikembangkan valid dan reliabel sehingga dapat dipergunakan secara luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Instrumen Evaluasi, Tes Pilihan Ganda, Higher Order Thinking Skills, PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mauliya Nandra Arif Fani
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:41
Last Modified: 27 Jun 2022 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14739

Actions (login required)

View Item View Item