PROGRAM KELUARGA HARAPAN ( PKH ) PERSPEKTIF MAQASID ASY’SYARIAH (Studi kasus di Desa Bojongsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas)

faqihudin, faqih (2022) PROGRAM KELUARGA HARAPAN ( PKH ) PERSPEKTIF MAQASID ASY’SYARIAH (Studi kasus di Desa Bojongsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN SAIZU Purwokerto.

[img]
Preview
Text (skripsi)
faqihudin_1522302012.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kemiskinan merupakan masalah social yang masih menjadi momok bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia. Salah satu formula untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan yang ada di Indonesia adalah dengan adanya Program Keluarga Harapan (PKH). PKH diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional. Penulis melakukan penelitain terhadap program PKH, dengan judul Program Keluarga Harapan (PKH) perspektif Maqsyid asy‟Syariah di Desa bojongsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa bojongsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dan mengetahui bagaimana peran Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mewujudkan kemaslahatan perspektif Maqasyid asy‟Sariah. Di dalam penelitian ini metode penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, yaitu melalukan wawancara secara langsung dengan masyarakat penerima program dan informan di desa Bojongsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas berlandaskan pada teori maqosid syariah yang di dalamnya memuat lima unsur dasar yaitu hifd ad-din, hifd an-nafs, hifd al-aql, hifd an-nasl/an-nasb, dan hifd al-mal. Hasil dari penelitian yang telah peneliti lakukan secara garis besar dapat ditarik kesimpulan, bahwa Program Keluarga Harapan yang ada di Desa Bojongsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas, sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah, dengan penetapan sasaran Keluarga Penerima Manfaat berdasarkan kriteria yang diutamakan, berupa Pendidikan, Kesehatan dan kesejahteraan ekonomi yang dalam hal ini sudah sejalan dengan prinsip-prinsip Maqasyid asy‟Syari‟ah yaitu: hifd an-nafs,(menjaga jiwa), hifd al-aql, ( menjaga akal ), dan hifd al-mal ( menjaga harta). Kata kunci : Program Keluarga Harapan, Maqosid Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Keluarga
Uncontrolled Keywords: keluarga harapan
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Faqihudin Faqihudin sdr
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:29
Last Modified: 27 Jun 2022 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14722

Actions (login required)

View Item View Item