Analisis Buku Ajar Tarikh Kelas VI SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto

Nurafni, Dwi Septianingrum (2021) Analisis Buku Ajar Tarikh Kelas VI SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurafni Dwi Septianingrum_Analisis Buku Ajar Tarikh Kelas VI SD Al Irsayad Al Islamiyyah 01 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Standar pembuatan buku ajar sudah ditetapkan oleh BSNP, tetapi pada kenyataannya masih banyak ditemuka buku-buku yang belum berstandar sesuai dengan ketetapan BSNP. Sehingga dapat menimbulkan kesalah pahaman, dari beberap kasus yang sudah terjadi ada beberapa buku yang bahasanya atau penyajian kurang sesuai dengan umur siswa atau materi yang kurang sesuai dengan kurikulum. Padahal buku itu sendiri sangat penting dalam pembelajaran. Guru akan semakin mudah untuk menyampaikan materi pembelajaran jika sudah tersedia buku ajarnya, akan tetapi guru juga harus bisa memilih buku ajar yang baik dan yang sudah berstandar nasional. Maka dari itu guru dalam memilih atau menyusun sebuah buku ajar/teks pembelajaran terdapat empat aspek yang perlu diperhatikan yaitu, aspek isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan. Penelitian ini fokus ke semua aspek baik itu aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan. SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto adalah salah satu sekolahan yang mampu membuat buku ajar sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku tarikh kelas VI SD Al-Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi yang mendeskripsikan secara objektif, sistematif, dan kumunikatif serta menggunakan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan dari sebuah buku atau dokumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian library research yang sumber datanya diperoleh dari perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dokumentasi dan check list yang disertai pengkodean. Buku yang diteliti adalah buku yang dibuat dan diterbitkan oleh LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang berjudul Tarikh untuk kelas VI SD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Selain dokumen primer penelitian ini juga disertai dokumen sekunder yaitu seperti silabus dari materi tarikh kelas VI SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Berdasarkan penelitian tentang analisis buku ajar tarikh kelas VI SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto di peroleh hasil bahwa kelayakan isi/ materi pada buku ini sudah layak dan sesuai dengan KI KD, tapi ada beberapa bab yang materinya perlu diperdalam, kelayakan bahasa pada buku ini sudah layak walapun beberapa bagian masih perlu di sempurnakan lagi. Buku ini kurang menunjukan kelayakan penyajian yang sudah ditetapkan oleh BSNP dan masih sangat banyak bagian yang perlu diperbaiki dan disempurnakan. Kelayakan kegrafikan pada buku ini sudah layak tapi masih perlu ada perbaikan dan penyempurnaan. KATA KUNCI : Kelayakan Buku Ajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Buku Ajar
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurafni Dwi Septianingrum sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:10
Last Modified: 27 Jun 2022 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item View Item