IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MI AL-ISLAM MAJASEM KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA

Baety Fitriana, 102331160 (2015) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MI AL-ISLAM MAJASEM KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text
Baety Fitriana_IMPLEMENTASIMETODEMIND MAPPING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang membahas tentang penerapan metode Mind Mapping dalam proses pembelajaran Fiqih, khususnya di Kelas IV MI Al-Islam Majasem Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Bagaimanakah implementasi metode Mind Mapping pada pembelajaran Fiqih di MI al-Islam Majasem Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga?” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping pada pembelajaran Fiqih di MI al-Islam Majasem Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian untuk mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Fiqih di Kelas IV MI Al-Islam Majasem Tahun Pelajaran 2014/2015, khususnya di kelas IV sudah berjalan cukup baik. Pembelajaran Fiqih melalui metode mind mapping yang diterapkan guru, yaitu dengan mempersiapkan kerangka peta pikiran (mind mapping) terkait dengan materi Fiqih yang akan diajarkan, yang dibuat menggunakan program MindMaple Lite dan Powerpoint. Untuk menampilkan mind mapping, guru mempersiapkan laptop dan LCD Proyektor. Adapun tujuan dari penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran fiqih adalah untuk mengasah otak dan melatih keterampilan siswa dalam membuat tulisan yang berupa sebuah karangan berbentuk narasi. Kemudian guru melakukan pengkondisian kelas terlebih dahulu dan setelah kelas benar-benar sudah kondusif, dimulailah proses pembelajaran. Dalam penerapan metode Mind Mapping, guru tidak menerapkan secara sendiri, tetapi dikolaborasikan dengan berbagai macam metode, seperti ceramah, demonstrasi, praktek dan diskusi. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Mind Mapping, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:19
Last Modified: 07 Nov 2016 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item View Item