STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MELALUI DIFERENSIASI PRODUK DAN DIFERENSIASI CITRA (Studi Kasus Pada Brownies Tempe Madame Mbois Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Banyumas)

Sangidatul, Rohmah (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MELALUI DIFERENSIASI PRODUK DAN DIFERENSIASI CITRA (Studi Kasus Pada Brownies Tempe Madame Mbois Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saefuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sangidatul Rohmah_Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Diferensiasi Produk dan Diferensiasi Citra (Studi Kasus pada Brownies Tempe Madame Mbois Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi sangat diperlukan oleh setiap negara sebab adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi menunjukan kesejahteraan yang tercermin pada peningkatan output perkapita serta diikuti dengan daya beli masyarakat yang semakin meningkat. Salah satu kegiatan yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Untuk bisa memaksimalkan peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional, maka kegiatan pengembangan UMKM sangatlah harus dilakukan. Pengembangan UMKM salah satunya dapat dilakukan melalui diferensiasi. Menurut Kotler dan Susanto (2001) diferensiasi ialah cara menciptakan perbedaan untuk membuat penawaran perusahaan yang berbeda dari penawaran pesaing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digunakan Brownies Tempe Madame Mbois di Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Banyumas melalui diferensiasi produk dan diferensiasi citra. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa diferensiasi memberikan sumbangsih dalam pengembangan UMKM Brownies Tempe Madame Mbois. Diferensiasi yang digunakan adalah diferensiasi produk dan diferensiasi citra. Dari sisi diferensiasi produk yaitu dengan berbagai macam perbedaan dalam hal fisik, seperti penambahan ukuran berat variasi, pembuatan variasi kemasan yaitu parsel yang bisa dijadikan hadiah atau oleh-oleh, menggunakan tempe tidak hanya hanya sebagai taburan, tetapi juga dimasukan ke dalam adonan brownies, serta produksi menggunakan cara dipanggang agar daya tahan produk semakin lama. Dari sisi diferensiasi citra yaitu dengan cara membangun citra melalui sosial media, serta aktif mengikuti acara-acara besar UMKM yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan lembaga-lembaga tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, UMKM, Diferensiasi Produk, Diferensiasi Citra, Brownies tempe.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sangidatul Rohmah sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:11
Last Modified: 27 Jun 2022 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item