ANALISIS FUNGSI PARTAI POLITIK ISLAM DALAM MENERIMA ASPIRASI MASYARAKAT MUSLIM (Studi Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan di Kabupaten Purbalingga)

Ferizal, Dwi Atmoko (2022) ANALISIS FUNGSI PARTAI POLITIK ISLAM DALAM MENERIMA ASPIRASI MASYARAKAT MUSLIM (Studi Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan di Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ferizal Dwi Atmoko (1617303013) 12 HTN A.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ferizal Dwi Atmoko NIM. 1617303013 Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Partai politik Islam adalah partai yang bertumpu pada ideologi Islam sebagai asas partai dan memiliki orientasi, nilai dan cita-cita dalam menjalankan fungsinya dalam sistem kenegaraan yang berdasar pada etika politik dalam Islam. Sebagai partai politik Islam, Partai Persatuan Pembangunan merupakan partai politik yang menjadikan islam sebagai ideologi dan sebagai asas partai. Salah satu fungsi partai politik adalah menerima aspirasi masyarakat, oleh karena Partai Persatuan Pembangunan yang merupakan partai politik yang berbasis Islam maka salah satu fungsi Partai Persatuan Pembangunan adalah menerima aspirasi masyarakat muslim. Fungsi partai politik tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan membahas tentang upaya partai politik islam (PPP) dalam menjalankan fungsinya untuk menerima aspirasi masyarakat muslim serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan fungsinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Data yang diperoleh dalam penelitian ini, berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi yang didapat. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara induktif kualitatif, yaitu Penelitian kualitatif tidak dimulai dari deduksi teori, tetapi dimulai dari lapangan yakni fakta empiris. Dalam penelitian ini, menyimpulkan bahwa DPC PPP Kabupaten Purbalingga telah menjalankan fungsinya dalam menerima aspirasi masyarakat muslim sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik. Sedangkan faktor pendukung yaitu dalam kepengurusan DPC PPP di Kabupaten Purbalingga memiliki kekompakan yang tinggi dalam kegiatan dan faktor penghambat yaitu belum maksimalnya anggota partai politik dari PPP yang duduk di kursi DPRD Kabupaten Purbalingga sehingga aspirasinya belum tersalurkan dengan baik. Kata Kunci: Partai Politik Islam, Aspirasi Masyarakat Muslim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partai Politik Islam, Aspirasi Masyarakat Muslim
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik > 2x6.21 Negara Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik > 2x6.22 Sistem Pemerintahan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik > 2x6.23 Ideologi Negara
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.62 Organisasi Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ferizal Dwi Atmoko sdr
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:07
Last Modified: 27 Jun 2022 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item