JUAL BELI SISTEM DELIVERY ORDER DENGAN ADANYA MINIMAL PEMBELIAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS SAMI LARIS SWALAYAN CILACAP)

Dhiaz, Putri Cahayaningsih (2022) JUAL BELI SISTEM DELIVERY ORDER DENGAN ADANYA MINIMAL PEMBELIAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS SAMI LARIS SWALAYAN CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DHIAZ PUTRI CAHAYANINGSIH_JUAL BELI SISTEM DELIVERY ORDER DENGAN ADANYA MINIMAL PEMBELIAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Sami Laris Swalayan Cilacap).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tempat perbelanjaan sekarang sering melakukan transaksi jual beli sistem delivery order dengan konsumen. Salah satu penerapannya terdapat pada Sami Laris Swalayan Cilacap. Permasalahan yang ada di Sami Laris Swalayan Cilacap yaitu praktik jual beli sistem delivery order (layanan pesan-antar) tidak menggunakan akad jual beli salam dan adanya ketentuan minimal pembelian berserta biaya ongkos kirim yang dibebankan pembeli yang dapat mengakibatkan unsur dirugikan dan unsur keterpaksaan dari salah satu pihak. Pokok permasalahan yang diteliti yaitu tentang bagaimana jual beli sistem delivery order di Sami Laris Swalayan Cilacap dengan adanya minimal pembelian perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field reasearch) dan pendekatan penelitian ini menggunakan normatif sosiologis. Sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder diambil dari buku, jurnal, internet, skripsi, hasil penelitian dan bahan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Kemudian, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta peneliti menganalisis data penelitian ini menggunakan metode induktif. Dari perspektif hukum ekonomi syariah, akad yang digunakan merupakan akad jual beli karena dalam pembayarannya bukan pembayaran dimuka melainkan langsung dan dikategori jual beli bersyarat sebab jual beli ini memiliki syarat yang harus dipenuhi agar terwujudnya akad. Akad ini sepenuhnya sudah memenuhi ketentuan jual beli menurut Islam dan syarat yang diberikan penjual kepada pembeli termasuk syarat sah (s}ah}i>h) karena syarat tersebut berkenaan dengan akad atau mewujudkan akad. Hukum akadnya yaitu sah dan syarat yang diberikan pembeli dari penjual hukumnya sah karena syarat tersebut merupakan syarat yang termasuk dalam syara, disebabkan tuntutan akad, termasuk syarat yang sejalan dengan akad, pernah dilihat oleh masyarakat serta adanya kesepakatan awal sebelum akad dimulai antara pihak Sami Laris Swalayan Cilacap dengan pembeli. Maka dari itu, akadnya sah dan syaratnya juga sah sehingga jual beli tersebut diperbolehkan. Hal ini sesuai menurut pendapat jumhur ulama, aturan Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Syariah. Kata Kunci: Jual beli, Delivery Order, Minimal Pembelian, Hukum Ekonomi Syariah, Sami Laris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Delivery Order, Minimal Pembelian, Hukum Ekonomi Syariah, Sami Laris.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dhiaz Putri Cahyaningsih sdri
Date Deposited: 26 Jun 2022 22:17
Last Modified: 26 Jun 2022 22:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14669

Actions (login required)

View Item View Item