IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU 1 PESAWAHAN DESA PESAWAHAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Yuli, Setiyani (2022) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU 1 PESAWAHAN DESA PESAWAHAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FULL TESIS_YULI SETIANI _191763014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ini berkaitan dengan pernyataan pembelajaran matematika menurut Wakiman dalam bukunya yang berjudul Menumbuhkan Kesenangan Belajar Melalui Permainan salah satunya adalah pembelajaran matematika memiliki tujuan untuk menstimulasi dan membangun nalar berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Selain itu, matematika juga diharapkan dapat mengondisikan siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan ketekunan dalam mengatasi persoalan yang ada di lingkungan sekitar. Demikian pula dalam pembelajaran matematika yang dibuat senyaman mungkin dalam belajar melalui pembelajaran dengan media audio visual sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik dan dalam suasana yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah Implementasi Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif Nu 1 Pesawahan Desa Pesawahan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Sedangkan yang menjadi subjeknya adalah kepala sekolah, guru kelas VI dan siswa kelas VI MI Ma’arif Nu 1 Pesawahan Desa Pesawahan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Untuk memperoleh data dalam penelitian, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu editing, clasifing, analysing, dan concluding Hasil penelitian dapat menunjukan, bahwa 1) Perispan yang dilakukan guru pada pembelajaran adalah guru melakukan persiapan fasilitas yang dibutuhkan untuk membuat video yang mudah dipahami oleh siswa karena pelajaran berlangsung non tatap muka atau jarak jauh. 2) Pelaksanaan yang dilakukan guru siswa diberikan kesempatan untuk mendownload video supaya bisa dilihat berulang-ulang khususnya bagi siswa yang kesulitan sinyal. Guru memberikan kesmepatan bagi siswa yang kesulitan untuk bertanya melalui grup wa terkait dengan video yang dibagikan. 3) Evaluasi yang guru lakukan adalah memberikan tugas terkait dengan materi dalam video dan siswa mengerjakannya dan mengirimkan kepada guru dalam bentuk foto jawaban tugas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Media Audio Visual, Pembelajaran Matematika, MI Ma’arif Nu 1 Pesawahan
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
200 Religion > 207 Education, research in Christianity
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Setiyani sdri
Date Deposited: 26 Jun 2022 07:09
Last Modified: 26 Jun 2022 07:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14658

Actions (login required)

View Item View Item