ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (STUDI KASUS BTN SYARIAH KCP PURWOKERTO)

Ridho Zain, Burhan (2022) ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (STUDI KASUS BTN SYARIAH KCP PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ridho Zain Burhan_Analisis SWOT Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus BTN Syariah KCP Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap bank konvensional dan syariah menawarkan layanan yang sama sebagai lembaga keuangan, sehingga persaingan antar bank semakin ketat. Diperlukan strategi pemasaran yang tepat bagi bank untuk meningkatkan jumlah nasabah, salah satunya di BTN Syariah KCP Purwokerto. Strategi pemasaran adalah serangkaian aktivitas yang digunakan perusahaan untuk bersaing di pasar. Strategi pemasaran yang akan dilakukan BTN Syariah KCP Purwokerto didasarkan pada potensi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT pada BTN Syariah KCP Purwokerto untuk memperoleh formulasi strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara dan meggunakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam melakukan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada BTN Syariah KCP Purwokerto sehingga menghasilkan formulasi strategi dalam meningkatkan jumlah nasabah antara lain strategi “SO”: meningkatkan kualitas pelayanan, mengembangkan produk sesuai permintaan pasar, dan merawat hubungan dengan developer perumahan dan nasabah. Strategi “WO”: menambah bidang khusus pemasaran, memperluas jaringan pemasaran, dan meningkatkan kegiatan promosi. Strategi “ST”: mempertahankan ciri khas perusahaan dan memaksimalkan media sosial. Strategi “WT”: penyempurnaan mobile banking dan menciptakan pemasaran yang kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Nasabah, Analisis SWOT
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ridho Zain Burhan
Date Deposited: 26 Jun 2022 00:07
Last Modified: 26 Jun 2022 00:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14635

Actions (login required)

View Item View Item