METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS RENDAH DI SD PURWANEGARA 01 PURWOKERTO UTARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Irfan Nur Aziz, 092331081 (2015) METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS RENDAH DI SD PURWANEGARA 01 PURWOKERTO UTARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text
Irfan Nur A_METODE PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen utama yang harus dipenuhi dalam kegiatan belajar mengajar.Karena itu tidak ada satu pun kegiatan belajar mengajar yang tidak menggunakan metode pembelajaran. Metode pembelajaran berfungsi sebagai jembatan atau media transformasi materi pelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai. Dengan metode pembelajaran yang tepat maka dapat memudahkan seorang pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran. Begitu pentingnya peranan metode dalam mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran, maka seorang pendidik dituntut untuk mampu memilih dan mengembangkan berbagai macam metode pembelajaran yang efektif dan efisien disesuaikan dengan tujuan, materi, karakteristik siswa, kemampuan guru, sarana prasarana, serta kelebihan dan kekurangan dari metode itu sendiri. Lokasi penelitian yang penulis lakukan adalah di SD Negeri Purwanegara 01. Fokus penelitian ini adalah “Proses penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas rendah di SD Purwanegara 01 tahun pelajaran 2014/2015.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas rendah di SD Negeri Purwanegara 01 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penulis adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis penulis, setelah melakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SD Purwanegaa 01 adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode latihan, metode kisah, metode bernyanyai dan metode penugasan. Sedangkan proses penerapan masing-masing metode tersebut sudah baik dan relevan dengan teori yang ada disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, materi, keadaan siswa. Kata kunci: Metode pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kelas Rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 04 Nov 2016 03:00
Last Modified: 04 Nov 2016 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item