PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS II SEMESTER II SD NEGERI 2 PAJERUKAN KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Tilar Ningsih, 1123306001 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS II SEMESTER II SD NEGERI 2 PAJERUKAN KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text
Tilar Ningsih_PENINGKATAN HASIL BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu ciri pengajaran yang efektif adalah pengajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas sendiri. Alat peraga sebagai alat bantu pembelajaran memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun datar pada siswa kelas II SD Negeri 2 Pajerukan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, proses pelaksanaan tindakan dilakukan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik berupa tes subyektif. Analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu membandingkan antara hasil nilai pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar melalui media benda konkret dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, karena penggunaan media benda konkret membuat siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran. Aktivitas dan sikap siswa selama pembelajaran menggunakan media benda konkret mengalami peningkatan karena siswa menjadi aktif bertanya dan mengungkapkan pendapat. Peningkatan juga terjadi pada prestasi belajar siswa pada aspek kognitif. Setelah menggunakan alat peraga atau media benda konkret prestasi belajar mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 56,9 dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar sebesar 65,6%. Kemudian pada siklus II rata-rata nilai sebesar 64,3 dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar sebesar 87,5%. Sehingga rata-rata dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 74,0, serta banyaknya siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 74%. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa melalui alat peraga benda konkret dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 2 Pajerukan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas pada pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar. Oleh karena itu disarankan untuk pembelajaran selanjutnya agar menggunakan media benda konkret pada materi suatu pelajaran yang sesuai agar prestasi belajar siswa meningkat. Kata Kunci: hasil belajar, matematika, media benda konkret

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 04 Nov 2016 03:00
Last Modified: 04 Nov 2016 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1461

Actions (login required)

View Item View Item