ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KULINER DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus Pada Rumah Makan Pendopo Asri Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas)

Annisa, Ikfi Hayati (2022) ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KULINER DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus Pada Rumah Makan Pendopo Asri Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN SAIZU Purwokerto.

[img]
Preview
Text
1. Skripsi Annisa Ikfi Hayati 1717201093 fiks.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumah Makan Pendopo Asri merupakan usaha bisnis di bidang kuliner yang berdiri pada tahun 2014. Rumah Makan Pendopo Asri memiliki konsep bangunan yang tradisional dan juga modern secara bersamaan menjadikan Rumah Makan Pendopo Asri memiliki ciri khas tersendiri dalam menarik para pelanggannya. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi bersaing yang dilakukan oleh Rumah Makan Pendopo Asri Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas dalam meningkatkan omset penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan strategi bersaing yang dilakukan yaitu menggunakan strategi differensiasi, yang meliputi strategi differensiasi produk, differensiasi pelayanan, differensiasi personil, dan differensiasi citra yang dapat menghasilkan dampak baik untuk peningkatan omset penjualan pada Rumah Makan Pendopo Asri Jatilawang. Sedangkan hasil dari analisis SWOT yang penulis teliti dari berbagai kendala maka penulis meminimalisir dari masalah yang ada menggunakan Strategi SO, Strategi ST, Strategi WO, dan Strategi WT. Dari strategi tersebut penulis berharap dapat membantu meningkatkan omset penjualan pada Rumah Makan Pendopo Asri Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas dalam bersaing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Omset Penjualan, Analisis SWOT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Annisa ikfi hayati sdr
Date Deposited: 25 Jun 2022 04:18
Last Modified: 25 Jun 2022 04:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14598

Actions (login required)

View Item View Item