PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI MI SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Arief Wahyu, Setiawan (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI MI SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tesis Arief Wahyu Setiawan_201763026.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar Matematika. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh interaksi model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen, teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling yang berjumlah 69 siswa dari seluruh siswa kelas VI di 3 MI di wilayah Kecamatan Kaligondang yaitu MIM 1 Slinga, MIM 2 Slinga, dan MI Islamiyah Slinga. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan eksperimen langsung di kelas pada bulan Mei sampai Juni 2022. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur (Two Way Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sinifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, hal ini ditunjukkan dari nilai Sig. = 0,000 < 0,05. Minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, hal ini ditunjukkan dari nilai Sig. = 0,000 < 0,05. Interaksi model pembelajaran dan minat belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Matematika, hal ini ditunjukkan dari nilai Sig. = 0,402 > 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Minat belajar, Hasil belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arief Wahyu Setiawan sdr
Date Deposited: 25 Jun 2022 00:41
Last Modified: 25 Jun 2022 00:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14568

Actions (login required)

View Item View Item