EVALUASI RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI KARANGPUCUNG CILACAP

Khusniyatul Millah, 1123301014 (2015) EVALUASI RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI KARANGPUCUNG CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Khusniyatul Millah_EVALUASI RANAH AFEKTIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ranah afektif sangat penting bagi kehidupan keberagamaan karena agama tidak hanya dalam fikiran belaka tetapi juga sebagai sikap hidup dan perilaku sehari-hari peserta didik. Untuk mengetahui seberapa jauh perubahan tingkah laku peserta didik maka dibutuhkannya evaluasi. Pembelajaran dapat dikatakan berhasil jika siswa dapat menerapkan apa yang ada didalam pembelajaran dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, dan keberhasilan itu bukan hanya dilihat dari seberapa tinggi angka nilai yang dicapai siswa melainkan seberapa jauh perubahan tingkah laku siswa. Selama ini evaluasi pendidikan yang dilakukan oleh para pendidik kebanyakan hanya mengedepankan aspek aspek kognitif dan psikomotorik saja. Padahal secara tidak langsung mereka melakukan evaluasi afektif juga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses kegiatan evaluasi ranah afektif mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Karangpucung Cilacap yang meliputi beberapa tahap dalam mengevaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang proses pelaksanaan evaluasi ranah afektif dalam matapelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Karangpucung Cilacap. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung tentang situasi yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti yaitu Aspek, Proses dan Hasil evaluasi ranah afektif di MTs Negeri Karangpucung Cilacap. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum MTs Negeri Karangpucung Cilacap, dan foto-foto pelaksanaan evaluasi serta pembelajaran yang dilakukan di MTs Negeri Karangpucung Cilacap. Untuk menganalisis data, penulis melakukan penelaahan seluruh data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai aspek afektif yang dinilai di MTs Negeri Karangpucung Cilacap meliputi aspek; sikap, motivasi, konsep diri, minat, dan nilai. Selain itu penilaian juga yang berorientasi pada penilaian kurikulum 2013, dalam pelaksanaannya penilaian kurikulum 2013 meliputi; penilaian observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Tahapan evaluasi ranah afektif mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Karangpucung Cilacap dalam pelaksanaannya meliputi tahap; perencanaan, pelaksanaan, pengolahan data,pengolahan data, analisis data, dan pelaporan evaluasi ranah afektif. Kata Kunci : Evaluasi Ranah Afektif, Aspek, Proses, Hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:20
Last Modified: 07 Nov 2016 01:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item