Bimbingan Sosial Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SMKN 3 Banyumas

Elly, Rahmaida (2022) Bimbingan Sosial Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SMKN 3 Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ELLY RAHMAIDA_BIMBINGAN SOSIAL BAGI ABK DI SMKN 3 BANYUMAS.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 5 secara umum mengatur secara jelas bahwa semua orang tanpa terkecuali, termasuk Anak Berkebutuhan Khsusus berhak menerima pendidikan. Undang-undang ini dilatar belakangi dengan tercatatnya 86.645 hingga 105.185 dari 356.195 Anak Berkebutuhan Khusus belum mendapat layanan pendidikan. Pada tahun 2019, SMKN 3 Banyumas menerima anak dengan Kebutuhan Khusus mengacu pada Undang-Undang tersebut. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan sosial bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMKN 3 Banyumas. Peneltian ini termasuk dalam penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru BK, Guru Kelas dan Siwa ABK dengan objek berupa Bimbingan sosial bagi ABK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara, teknik analisis diawali dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pelaksanaan layanan sudah disediakan namun pelaksananannya belum maksimal; (2) Bentuk layanan yang diberikan sama dengan siswa pada umumnya; (3) Guru Normatif Adaptif dan Produktif mengalami kesulitan dalam membimbing ABK; (3) Seluruh warga sekolah, termasuk teman sebaya membangun kerjasama untuk membantu ABK dalam bersosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdri Elly Rahmaida
Date Deposited: 24 Jun 2022 22:51
Last Modified: 24 Jun 2022 22:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14515

Actions (login required)

View Item View Item