IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II MI MA'ARIF NU KARANGKLESEM KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

Syifaur, Rokhmah (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II MI MA'ARIF NU KARANGKLESEM KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof.K.HSaifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SYIFAUR ROKHMAH_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II MI MA'ARIF NU KARANGKLESEM KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak:Sekolah ini dijadikan penelitian oleh peneliti dikarenakan fakta yang ada, yaitu di sekolah MI Ma’arif NU Karangklesem masih menggunakan strategi pembelajaran yang masih tradisional dan konvensional yaitu strategi ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Dengan strategi yang selalu digunakan oleh guru tersebut dalam KKM cenderung kurang memenuhi. Untuk itu siswa memerlukan hadirnya suatu pembaharuan dalam pembelajarannya demi terciptanya suasana yang menyenangkan. Dengan strategi card sort diharapkan siswa tidak menjadi bosan dengan pembelajaran sehingga mereka dapat menerima materi yang disampaikan oleh guru dengan baik dan dapat mencapai batas nilai KKM bahkan melampauinya. Adapun materi yang dipelajari dengan menggunakan strategi card sort ada 4 yaitu adzan, ketentuan shalat fardhu, shalat berjama’ah, do’a dan dzikir setelah shalat. Pembelajaran dengan menggunakan strategi card sort yaitu dengan cara membagikan potongan-potongan kartu, yang didalamnya sudah diberikan tulisan. Potongan-potongan kartu tersebut dibagikan kepada peserta didik dan maju kedepan untuk mengelompokan yang sesuai dengan kategorinya. Faktor pendukung diantara lain sarana dan prasarana sudah cukup memadai dan layak digunakan untuk proses belajar mengajar. Seperti jumlah siswa dengan meja dan kursi sesuai dengan kapasitas siswa didalam kelas, papan tulis sudah menggunakan white board dan sudah ada alat tulis lainnya seperti spidol dan penghapus didalam kelas,media yang digunakan guru sangat menarik sehingga peserta didik sangat antusias dalam pembelajaran dan peserta didik menjadi lebih mudah memahami materi. Faktor penghambat dalam penggunaan strategi card sort dikelas II belum cukup efektif dikarenakan kondisi kelas yang masih sulit dikontrol serta terdapat 4 anak yang belum lancar dalam membaca. Kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013. Sebelum menggunakan strategi card sort dari 35 peserta didik ada 4 yang masih berada dibawah KKM, setelah menggunakan strategi card sort yang sebelumnya terdapat 4 peserta didik yang belum memenuhi KKM semuanya dapat mencapai nilai diatas KKM yang mana KKM mata pelajaran Fiqih yaitu 70. Dari pejelasan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran card sort dan mata pelajaran fiqih
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syifaur Rokhmah sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 22:47
Last Modified: 24 Jun 2022 22:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14509

Actions (login required)

View Item View Item