PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH KARANGSALAM KEDUNGBANTENG PURWOKERTO

SITI ASIYAH, 1123301010 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH KARANGSALAM KEDUNGBANTENG PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
Siti Asiyah_PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter bagi bangsa Indonesia menjadi penting. Hal tersebut karena terjadi kemrosotan moral yang ada pada bangsa Indonesia. Dalam hal ini, pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang unik dan memiliki ciri khas yang sangat kuat dan lekat. Selain itu pendidikan pesantren memiliki tujuan bahwa pendidikan tidak semata-mata untuk memperkaya pikiran murid, tetapi untuk meningkatkan moral santrinya. Membatasi dalam membawa alat komunikasi dan alat elektronik serta terampil dalam menjalankan sholat sunah tasbih dan sholat hasbana merupakan kegiatan unik yang dilakukan di Pondok Pesntren Ath-Thohiriyah dalam membentuk karakter santrinya. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah proses kegiatan yang dilakukan di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah dalam membentuk karakter santrinya serta faktor pendukung dan penghambat dalam kegiaatan yang dilakukan dalam membentuk karakter santri. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah berupa penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Obyek dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan proses pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah melalui berbagai kegiatan yang ada diantaranya mau’idzoh hasanah, bangun pagi, pulang tepat waktu, membagi waktu, tradisi salaman dan cium tangan, berpakaian rapi dan sesuai dengan syara’, tidak ghasab, absensi santri, infaq, kantin kejujuran, tugas piket dan roan, ngaji Al- quran , khitobah, sholawat al barzanji, ziarah kubur, tadarus al-quran, semaan, sholat sunah tasbih dn sholat sunah hasbana yang dilakukan santri dalam kehidupan sehari-hari di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Karangsalam Kedungbanteng Purwokerto. Dari kegiatan yang ada, sudah sesuai dengan metode dalam pendidikan karakter dan nilai-nilai karakter yang terbentuk juga sudah sesuai dengan teori. Melihat dari faktor pendukung dan penghambat dalam proses pendidikan karakter santri, maka perlu adanya kerjasama saling bahu membahu antara pengasuh dan pengurus sehingga tujuan dari pendidikan karakter santri dapat terwujud dengan baik. Selain itu pula untuk mengatasi hambatan yang ada pengasuh dan pengurus selalu memberikan motivasi, bimbingan dan penjelasan kepada santri agar bersemangat sehingga rasa malas dapat dihindari dan santri dapat cepat menyesuaikan diri. Kata Kunci : Pendidikan Karakter Santri, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 03 Nov 2016 06:52
Last Modified: 03 Nov 2016 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item