PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DALAM MEMBELI PRODUK HALAL FASHION (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Irma, Nurdiana (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DALAM MEMBELI PRODUK HALAL FASHION (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Irma Nurdiana_Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Membeli Produk Halal Fashion.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif adalah penggunaan barang atau jasa secara berlebihan dan lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan dari aspek prioritas atau juga dapat disebut gaya hidup yang berlebihan. Berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif diantaranya adalah faktor sosial dan faktor budaya. Pembahasan dalam penelitian ini adalah permasalahan pada penggunaan media sosial yang dapat memicu pola konsumsi seseorang yang berlebihan karena kemudahan dalam berbelanja di mana dan kapan saja. Selain itu, untuk menghindari penolakan teman sebaya seseorang cenderung mengikuti pola konsumsi teman sebayanya supaya dapat diterima di kelompoknya. Khususnya produk halal fashion yang sedang diminati oleh remaja muslim putri agar terlihat fashionable. Hal tersebut bertentangan dengan teori perilaku konsumsi dalam Islam yang menegaskan bahwa dalam berkonsumsi seharusnya dapat bertindak rasional dan tidak boros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif baik secara parsial maupun secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam membeli produk halal fashion (studi pada mahasiswa FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatifjenis penelitian lapangan (field research). Variabel dalam penelitian ini adalah variabel penggunaan media sosial dan teman sebaya sebagai variabel independen serta variabel perilaku konsumtif sebagai variabel dependen. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuisioner melalui google form kepada 95 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dan teman sebaya baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam membeli produk halal fashion. Kata Kunci: Media Sosial, Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif, Halal FashionPerilaku konsumtif adalah penggunaan barang atau jasa secara berlebihan dan lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan dari aspek prioritas atau juga dapat disebut gaya hidup yang berlebihan. Berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif diantaranya adalah faktor sosial dan faktor budaya. Pembahasan dalam penelitian ini adalah permasalahan pada penggunaan media sosial yang dapat memicu pola konsumsi seseorang yang berlebihan karena kemudahan dalam berbelanja di mana dan kapan saja. Selain itu, untuk menghindari penolakan teman sebaya seseorang cenderung mengikuti pola konsumsi teman sebayanya supaya dapat diterima di kelompoknya. Khususnya produk halal fashion yang sedang diminati oleh remaja muslim putri agar terlihat fashionable. Hal tersebut bertentangan dengan teori perilaku konsumsi dalam Islam yang menegaskan bahwa dalam berkonsumsi seharusnya dapat bertindak rasional dan tidak boros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif baik secara parsial maupun secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam membeli produk halal fashion (studi pada mahasiswa FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatifjenis penelitian lapangan (field research). Variabel dalam penelitian ini adalah variabel penggunaan media sosial dan teman sebaya sebagai variabel independen serta variabel perilaku konsumtif sebagai variabel dependen. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuisioner melalui google form kepada 95 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dan teman sebaya baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam membeli produk halal fashion. Kata Kunci: Media Sosial, Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif, Halal Fashion

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif, Halal Fashion
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Irma Nurdiana
Date Deposited: 24 Jun 2022 18:18
Last Modified: 24 Jun 2022 18:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14494

Actions (login required)

View Item View Item