EFEKTIVITAS PENERAPAN KARTU NIKAH DALAM MENDUKUNG LEGALITAS PERKAWINAN (Studi di Kantor Urusan Agama Purwokerto Utara)

Alya, Hasna (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN KARTU NIKAH DALAM MENDUKUNG LEGALITAS PERKAWINAN (Studi di Kantor Urusan Agama Purwokerto Utara). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alya Hasna_Efektivitas Penerapan Kartu Nikah Dalam Mendukung Legalitas Perkawinan (Studi Di Kantor Urusan Agama Purwokerto Utara).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tugas pokok yang dimiliki oleh Kantor Urusan Agama adalah mengenai masalah pencatatan perkawinan. Melalui tugas tersebut, KUA menjalankan peran yang penting dalam legalisasi perkawinan sehingga perkawinan tersebut memiliki ketetapan hukum yang kuat. Pencatatan perkawinan kerap menemukan beberapa kendala, di KUA Purwokerto Utara menemukan adanya beberapa pemalsuan data untuk kasus pernikahan kedua yang dimana calon pengantin yang sebelumnya tidak melalui proses perkawinan yang telah diatur dalam Pasal 6 UU No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efek dari penerapan kartu nikah dalam mendukung legalisasi perkawinan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, termasuk penelitian lapangan (field research), yang dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini berasal dari data-data yang diperoleh secara langsung dari lapangan yaitu di Kantor Urusan Agama Purwokerto Utara. Sedangkan sumber data sekundernya adalah berasal dari literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang peneliti lakukan, dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam PMA nomor 19 tahun 2018 dalam bab 1 pasal 1 kartu nikah sebagai bentuk pencatatan perkawinan terbaru memberikan perlindungan hukum terhadap perkawinan itu sendiri. Kartu nikah juga sangat efektif bagi pemegang kartu nikah. untuk itu, pemberlakuan kartu nikah tersebut dinilai dapat sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pencatatan perkawinan dan diharapkan mampu meminimalisir buku nikah yang rusak dan hilang. mengingat tuntutan di era serba digital di zaman sekarang menuntut masyarakat menggunakan berbagai sistem serba digital. Untuk itu, kartu nikah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena kartu nikah didukung oleh QR-Code yang dimana nantinya QR-Code tersebut discan menggunakan kamera handphone untuk memunculkan data-data perkawinan. Kartu nikah sebagai bentuk pencatatan perkawinan terbaru juga memberikan perlindungan hukum terhadap perkawinan itu sendiri. Dengan menerbitkan dokumen otentik atau bukti hukum, bahwa seseorang telah dikenal keberadaannya di negara ini dan dapat menikmati hak-hak asasi manusianya secara utuh. Kata kunci : Efektivitas, Kartu Nikah, Legalitas Perkawinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kartu Nikah, Legalitas Perkawinan.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Alya Hasna Alya Hasna sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 17:58
Last Modified: 24 Jun 2022 17:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item View Item