ANALISIS SWOT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI MI MA'ARIF NU PANDANSARI KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

SITI, KHOJANAH (2022) ANALISIS SWOT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI MI MA'ARIF NU PANDANSARI KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESIS SITI KHOJANAH_201763042.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

DALAM SEBUAH ORGANISASI ATAU LEMBAGA PENDIDIKAN KURIKULUM SANGAT PENTING KARENA DIJADIKAN SEBAGAI TOLAK UKUR DAN JUGA SEBAGAI PEDOMAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN HUSUSNYA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013.UNTUK MENGETAHUI SEJAUH MANA PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI MI MA’ARIF NU PANDANSARI PERLU ADANYA SEBUAH ANALISIS. SALAH SATU ALAT ANALISIS YANG DIGUNAKAN OLEH PENULIS YAITU SWOT.DALAM HAL INI, ANALISIS SWOT DIGUNAKAN UNTUK MENJABARKAN BERBAGAI POTENSI, KELEMAHAN, PELUANG, HINGGA ANCAMAN ATAU KENDALA YANG DAPAT DITEMUI SAAT AKAN ATAU SEDANG MELAKUKAN SUATU KEGIATAN ATAU PROGRAM YANG TELAH DI SUSUN ATAU DIRENCANAKAN. PENELITIAN INI MERUPAKAN PENELITIAN LAPANGAN (FIELD RESEARCH),JENIS PENELITIANYA ADALAHAH PENELITIAN DESKRIPTIF ,DATA PENELITIAN DIPEROLEH MELALUI WAWANCARA, OBSERVASI DAN DOKUMENTASI,PENDEKATAN YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH PENDEKATAN KUALITATIF ,ANALISIS DATA DIPEROLEH MELALUI REDUKSI DATA,DISPLAY DATA ,MENARIK KESIMPULAN, PEMERIKSAAN KEABSAHAN DATA MENGGUNAKAN TEKNIK TRIANGULASI SUMBER.HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKAN BAHWA:PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 MEMILIKI BEBERAPA KELEBIHAN SALAH SATUNYA YAITU PEMBELAJARAN DITEKANKAN PADA PENDIDIKAN KARAKTER.SEDANGKAN KELEMAHANYA YAITU DALAM MENGINTEGRASIKAN MATA PELAJARAN MEMBUTUHKAN GURU YANG KREATIF DAN INOVATIF.PELUANG UTAMA YANG BISA DIMANFAATKAN YAITU :GURU BISA MENGIKUTI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEPERTI DISKUSI TENTANG BERBAGAI PERMASALAHAN PEMBELAJARAN DALAM KELOMPOK KERJA GURU (KKG),SEDANGKAN TANTANGANYA YAITU : PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK HAL-HAL YANG NEGATIF KALAU TIDAK SEGERA DITANGANI BISA MENYEBABKAN TURUNNYA PRESTASI BELAJAR SISWA. BERDASARKAN ANALISIS INI DAPAT DI KATAKAN BAHWA DI MI MA’ARIF NU PANDANSARI SUDAH MENUNJUKKAN ADANYA HASIL YANG CUKUP MEMUASKAN DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT,Pembelajaran Tematik Terpadu,Kurikulum 2013
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Khojanah sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 17:48
Last Modified: 24 Jun 2022 17:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14450

Actions (login required)

View Item View Item