STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ KELAS VI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

USWATUN, KHASANAH (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ KELAS VI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Uswatun Khasanah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah Kalam Allah yang bernilai mukjizat yang diturunkan pada Rasulullah melalui Malaikat Jibril yang diriwayatkan secara mutawatir dan membacanya bernilai Ibadah. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat muslim, sehingga umat muslim perlu mempelajarinya. Salah satu upaya mempelajarinya adalah menghafal ayat-ayat Al-Qur’an atau mengadakan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an. Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an bisa dilakukan sejak kecil sehingga bisa meningkatkan kecintaan anak kepada kitab sucinya, yang secara otomatis akan meningkatkan kecerdasan spiritualnya. Pada masa pandemi Covid-19 berlaku aturan pembatasan pertemuan masyarakat guna mencegah penularan Covid-19. Kondisi ini sangat berpengaruh pada banyak sektor kehidupan termasuk pada bidang pendidikan. Pemerintah beserta lembaga pendidikan berupaya untuk mencari solusi dan menyesuaikan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Kabupaten Banyumas merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) dan luring (luar jaringan) pada masa pandemi Covid-19. Maka penulis melakukan penelitian mengenai strategi pembelajaran tahfidz pada masa pandemi Covid-19 di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan atau field research. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis data kualitatif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pelaksanaan pembelajaran tahfidz luring maupun daring di kelas VI SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto diperoleh kesimpulan bahwa strategi pelaksanaan pembelajaran tahfidz baik luring maupun daring di kelas VI SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto sudah berjalan dengan baik. Siswa ikut berpartisipasi dan aktif dalam proses pembelajaran tahfidz baik luring maupun daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz, strategi yang digunakan oleh guru adalah strategi pengulangan ganda dengan beberapa metode diantaranya metode talaqqi, takrir, tasmi’ dan muraja’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, Pandemi Covid-19.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Uswatun Khasanah sdri
Date Deposited: 25 Jun 2022 00:23
Last Modified: 25 Jun 2022 00:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

View Item View Item