MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA ERA NEW NORMAL DI MI MA'ARIF NU CILONGOK BANYUMAS

Muslikhun, Muslikhun (2022) MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA ERA NEW NORMAL DI MI MA'ARIF NU CILONGOK BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUSLIKHUN_Model Pembelajaran Blended Learning Pada Era New Normal Di MI Ma'arif NU Cilongok Banyumas (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah situasi kondisi pembelajaran di madrasah yang real di lapangan saat ini, yang membuat pembelajaran dilakukan mengacu pada aturan pemerintah. Hal ini yang membuat tingkat satuan pendidikan berinovasi melalui teknologi dalam pembelajaran agar terus bertahan di Era New Normal. Berbagai kendala pelaksanaan pendidikan di madrasah membutuhkan model pembelajaran yang sesuai, diantaranya model pembelajaran blended learning. Model pembelajaran Blended Learning dilaksanakan dalam bentuk offline semi online yang dijadwalkan oleh madrasah. Tujuan penulisan tesis ini adalah (1) Untuk Menganalisis dan mendiskripsikan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Era New Normal di MI Ma’arif Nu Cilongok Banyumas (2) Untuk Menganalisis dan mendiskripsikan Faktor pendukung dan penghambat Model Pembelajaran Blended Learning Pada Era New Normal di MI Ma’arif Nu Cilongok Banyumas Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif yang digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan Dari hasil penelitian ini, mendapatkan hasil sebagai berikut : (1) metode yang digunakan sangat variatif (2) media yang digunakan masing-masing guru menentukan dengan tingkatan mereka mengajar. Serta (3) Evaluasi dilakukan secara klasikal dan dibagi menjadi tiga jenis yaitu penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain itu dalam pelaksanaanya pihak madrasah mengalami beberapa faktor.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bleanded Learning, Era New Normal
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muslikhun Muslikhun sdr
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:05
Last Modified: 24 Jun 2022 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14427

Actions (login required)

View Item View Item