NILAI-NILAI PENDIDIKAN ROHANI DALAM BUKU AL-BAḤR AR-RĀ’IQ FĪ AZ-ZUHD WA AR-RAQĀ’IQ KARYA AHMAD FARID

Muslim, Fikri (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ROHANI DALAM BUKU AL-BAḤR AR-RĀ’IQ FĪ AZ-ZUHD WA AR-RAQĀ’IQ KARYA AHMAD FARID. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Muslim Fikri_Nilai-Nilai Pendidikan Rohani dalam Buku Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq Karya Ahmad Farid.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Berbagai fenomena yang terjadi di sekeliling kita seolah melukiskan gambaran memprihatinkan tentang kondisi spiritual keagamaan dan moral bangsa Indonesia, utamanya terjadi pada peserta didik di era milenial ini. Banyak yang sebenarnya mengetahui aturan agama, namun ia tidak mematuhi. Peran pendidikan rohani dirasa sangat penting untuk membantu menjawab problematika tersebut. Akhlak selalu menjadi capaian dasar seorang pendidik dalam keberhasilan mendidik, tapi tidak dengan capaian rohani yang merupakan inti dari akhlak. Pendidikan hendaknya dapat menyentuh dan mengoptimalkan perkembangan rohani. Ahmad Farid menuangkan pemikirannya tentang konsep pendidikan rohani. Salah satu mahakaryanya adalah buku Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq. Pembahasannya menyadarkan pada bagaimana menjadi manusia yang memiliki aspek kerohanian dan akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan nilai-nilai pendidikan rohani yang terdapat dalam buku Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq karya Ahmad Farid. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (kajian pustaka) dengan pendekatan kualitatif. Upaya pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menganalisis data yang sudah dikumpulkan, teknik yang digunakan adalah jenis analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini diperoleh nilai-nilai pendidikan rohani yang terkandung dalam buku Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq karya Ahmad Farid yang meliputi beberapa nilai kebaikan yang pantas diajarkan dan berlaku dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya: zikir, membaca al-Qur’an, istighfar, doa, shalawat kepada Nabi SAW, shalat malam, muhasabah, mengingat mati, taubat, amar ma’ruf nahi munkar, sabar dan syukur, khauf dan rajā’, tawakal, ridha, dan cinta kepada Allah. Nilai-nilai pendidikan rohani tersebut memiliki relevansi sebagai jawaban atas pertanyaan masa kini, khususnya dalam dunia pendidikan. Memasukkan nilai-nilai ini ke dalam kehidupan sehari-hari akan membuat hidup lebih indah dan mempengaruhi bagaimana kepribadian mulia termanifestasikan dalam diri. Kata Kunci: Pendidikan, Rohani, Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq, Ahmad Farid ABSTRACT Various phenomena that occur around us seem to paint an alarming picture of the spiritual, religious and moral conditions of the Indonesian nation, especially for students in this millennial era. Many actually know the rules of religion, but they don't obey them. The role of spiritual education is considered very important to help answer these problems. Morals have always been the basic achievement of an educator in educating success, but not with spiritual achievements which are the core of morals. Education should be able to touch and optimize spiritual development. Ahmad Farid expressed his thoughts on the concept of spiritual education. One of his masterpieces is the book Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq. The discussion made him aware of how to become a human being who has spiritual aspects and noble character. This study aims to describe the values of spiritual education contained in the book Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq by Ahmad Farid. The type of research used in this research is library research with a qualitative approach. Efforts to collect data using documentation techniques. To analyze the data that has been collected, the technique used is content analysis. The results of this study obtained the values of spiritual education contained in the book Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq by Ahmad Farid which includes several good values that deserve to be taught and apply in everyday life, including: remembrance, reading the Quran, istighfar, prayer, shalawat to the Prophet SAW, night prayer, muhasabah, remembering death, repentance, amar ma’ruf nahi munkar, patience and gratitude, khauf and rajā’, tawakal, pleasure, and love of Allah. The values of spiritual education have relevance as answers to today’s questions, especially in the world of education. Incorporating these values into daily life will make life more beautiful and affect how noble personality is manifested in oneself. Keywords: Education, Spiritual, Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq, Ahmad Farid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Rohani, Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq, Ahmad Farid Education, Spiritual, Al-Baḥr Ar-Rā’iq fī Az-Zuhd wa Ar-Raqā’iq, Ahmad Farid
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.4 Do'a dan Zikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muslim Fikri
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:29
Last Modified: 24 Jun 2022 07:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item View Item