ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP VALUE PROPOSITION PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN JNE DAN DHL DI PURWOKERTO)

Siti Rafikoh, Fatihatul Ghaniy (2022) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP VALUE PROPOSITION PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN JNE DAN DHL DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Rafikoh Fatihatul Ghaniy_ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP VALUE PROPOSITION PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI (Studi Kasus pada Konsumen JNE dan DHL di Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Siti Rafikoh Fatihatul Ghaniy_ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP VALUE PROPOSITION PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI (Studi Kasus pada Konsumen JNE dan DHL di Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya dunia digital memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan transaksi melalui e-commerce, sehingga semakin banyak berkembangnya perusahaan penyedia jasa layanan ekspedisi diantaranya JNE dan DHL. Penting bagi perusahaan untuk menciptakan value proposition sebagai salah satu strategi yang dapat menarik minat konsumen untuk menggunakan jasanya dan memberikan presepsi yang baik. Persepsi konsumen sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap apa yang sudah di berikan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi-dimensi dan perbedaan value proposition pada perusahaan ekspedisi JNE dan DHL. Masalah umum yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana value proposition pada perusahaan jasa ekspedisi JNE dan DHL dan bagaimana perbedaan value proposition pada perusahaan jasa ekspedisi JNE dan DHL? Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan variabel yang diamati elemen-elemen value proposition. Data dikumpulkan dengan kuisioner yang diberikan ke 200 responden serta wawancara dengan beberapa responden sebagai data pendukung. Data dianalisis dengan statistik sederhana dan uji t satu sampel. Hasil penelitian menunjukan dari sebelas aspek/elemen nilai manfaat (value proposition) yaitu sifat baru (newness), kinerja, penyesuaian, menyelesaikan pekerjaan, desain, merek/status, harga, pengurangan biaya, pengurangan resiko, kemampuan mengakses, serta kenyamanan dan kegunaan sebagian besar responden menyatakan setuju bahwa kedua ekspedisi memiliki nilai manfaat bagi pelanggan. Hasil kuisioner dan wawancara menunjukan bahwa presepsi positif konsumen lebih banyak ditunjukan pada pengguna JNE dibandingkan DHL. Alasan utamanya yaitu berkaitan dengan kemudahan akses lokasi agen dan harga yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Nilai Manfaat, Jasa Ekspedisi
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Rafikoh Fatihatul Ghaniy sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:27
Last Modified: 24 Jun 2022 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14424

Actions (login required)

View Item View Item